Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pasar Batu Bara Moncer, Anak Usaha DOID Peroleh Tambahan Pinjaman dari Bank Jepang

Pasar Batu Bara Moncer, Anak Usaha DOID Peroleh Tambahan Pinjaman dari Bank Jepang Kredit Foto: Antara/Aprillio Akbar
Warta Ekonomi, Jakarta -

Anak usaha PT Delta Dunia Makmur Tbk (DOID) yakni PT Bukit Makmur Mandiri Utama (BUMA) yang awalnya memperoleh fasilitas pinjaman sebesar US$150 juta dari Bank of Tokyo Mitsubishi UFJ, Ltd (BTMU) bertambah sebesar US$50 juta dari fasilitas awal yang ditandatangani pada Februari 2017. Hal tersebut diperoleh setelah BUMA menandatangani perjanjian amandemen atas fasilitas pinjaman dari BTMU.

"Fasilitas yang telah diamandemen ini menerapkan tingkat suku bunga yang sama dengan fasilitas terdahulu, yaitu LIBOR + 3% per tahun (Fasilitas Amandemen BTMU)," ungkap Manajemen DOID dalam keterangan resmi di Jakarta, Selasa (10/4/2018).

Penandatanganan kontrak baru-baru ini dengan PT Tanah Bumbu Resources, PT Angsana Jaya Energi, dan PT Insani Baraperkasa telah meningkatkan total nilai kontrak BUMA dari sebesar US$5 miliar menjadi US$6 miliar.

Mengingat kondisi pasar batu bara yang menguntungkan, BUMA saat ini sedang melakukan pembicaraan dengan pelanggan yang ada maupun potensi pelanggan baru untuk mendapatkan tambahan kontrak baru. Fasilitas Amandemen BTMU diharapkan akan memperkuat likuiditas BUMA untuk mendukung pertumbuhannya.

Dengan penambahan fasilitas ini, DOID diperkirakan akan tetap berada pada tingkat rasio net debt to EBITDA di bawah 2,0x sehingga masih memiliki ruang gerak yang memadai dalam neracanya untuk pertumbuhan lebih lanjut. Fasilitas Amandemen BTMU mencerminkan kepercayaan yang berlanjut dari BTMU sebagai kreditur BUMA sejak lama dan diharapkan dapat terus memperkuat hubungan dengan mitra usaha bisnisnya yang telah saling mendukung dalam beberapa tahun ini.

Penulis: Annisa Nurfitriyani
Editor: Fauziah Nurul Hidayah

Bagikan Artikel:

Video Pilihan