PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) melakukan Penandatanganan Perjanjian Pinjaman Dana Talangan Tanah dengan tiga Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang merupakan anak usaha PT Waskita Toll Road yakni PT Cimanggis Cibitung Tollways, PT Trans Jabar Tol, dan PT Kresna Kusuma Dyandra Marga. Total nilai pinjaman khusus yang diberikan kepada tiga anak usaha PT Waskita Toll Road ini mencapai Rp7,160 triliun.
Penandatanganan kerja sama untuk dana talangan pembebasan lahan dalam rangka percepatan proyek infrastruktur tersebut dilakukan oleh Kepala Divisi BUMN I Bank BRI, I Made Suka dengan perwakilan masing-masing tiga badan usaha, yakni Direktur Utama Trans Jabar Tol, Mokh. Sadali; Direktur Utama Cimanggis Cibitung Tollways, Ridwan Dharma; Direktur Teknik dan Operasi Cimanggis Cibitung Tollways, A.D. Erlangga; dan Direktur Utama Kresna Kusuma Dyandra Marga, Herwidiakto selaku .
Dana talangan tanah tersebut merupakan pembiayaan untuk pembebasan tanah pada tiga ruas tol di atas di mana nantinya akan diganti dana APBN oleh pemerintah melalui Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN).
Dari total nilai pinjaman dana talangan tanah untuk tiga anak usaha PT Waskita Toll Road ini akan digunakan untuk ruas Tol Cimanggis Cibitung sebesar Rp3,70 triliun, ruas Tol Bogor Ciawi Sukabumi sebesar Rp2,07 triliun, dan ruas Tol Bekasi Cawang Kampung Melayu sebesar Rp1,38 triliun.
"Tujuan dana talangan tanah ini sebagai wujud dari upaya mendukung percepatan pembangunan proyek infrastruktur di Indonesia, khususnya jalan tol," jelas Direktur Keuangan dan SDM PT Waskita Toll Road, Y. Ariandi Siregar, di Jakarta, Kamis (31/5/2018).
Untuk diketahui, saat ini progres pembebasan lahan ruas Cimanggis–Cibitung telah mencapai 47,72% sehingga diharapkan dengan adanya kerja sama ini dapat mempercepat pembebasan lahan. PT Cimanggis Cibitung Tollways adalah pemegang konsesi ruas Cimanggis–Cibitung dengan panjang 26,3 km yang masuk di dalam ruas JORR 2. Ruas tol ini menghubungkan dua ruas jalan tol besar yang telah lama beroperasi yaitu ruas Jagorawi dan Cikampek dan juga menghubungkan ruas tol Cijago dan Cilincing. Di samping itu, sebagai pelengkap jaringan Jalan Tol Jabodetabek, Tol Cimanggis–Cibitung diharapkan juga mampu memecah kepadatan dua tol Ibu Kota, yakni Jalan Tol Jakarta–Cikampek dan Jalan Tol Jagorawi.
PT Waskita Toll Road selaku induk usaha menargetkan ruas tol Cimanggis–Cibitung untuk Seksi 1 dapat selesai tahun ini dan secara keseluruhan Seksi 2 pada akhir 2019. Diharapkan dengan selesainya konstruksi tol ini dapat memecah kepadatan lalu lintas yang saat ini terjadi di empat daerah (2 kabupaten dan 2 kota).
Selanjutnya, PT Trans Jabar Tol adalah pemegang konsesi ruas tol Bogor–Ciawi–Sukabumi (Bocimi) yang memiliki panjang jalan total 54 km. PT Waskita Toll Road menargetkan proyek jalan tol Bocimi untuk ruas Jalan Tol Ciawi–Sukabumi Seksi 1 dengan ruas Ciawi–Cigombong sepanjang 15,35 km dapat mulai beroperasi September tahun ini. Untuk Lebaran hanya berlaku fungsional. Kemudian, sampai ke Cibadak diperkirakan tahun 2020 akan selesai. Sampai dengan Sukabumi Timur ditargetkan selesai tahun 2021.
Sementara PT Kresna Kusuma Dyandra Marga adalah anak usaha PT Waskita Toll Road pemegang konsesi ruas Bekasi–Cawang–Kampung Melayu (Becakayu) dengan keseluruhan mencapai panjang 16 km. Ruas ini terdiri dari dua seksi yakni seksi 1A yang menyambungkan Cipinang Muara hingga Kampung Melayu dan seksi 2 dari Jakasampurna ke Duren Jaya sepanjang 10,04 km.
Saat ini PT Kresna Kusuma Dyandra Marga tengah fokus untuk mempercepat pembebasan sehingga dapat menyelesaikan pembangunan seksi IA, yaitu antara Cipinang Muara hingga Kampung Melayu sehingga dapat beroperasi pada September 2018. Sementara seksi II antara Jaka Sampurna hingga Bekasi Barat ditargetkan selesai dan mulai beroperasi pada Desember 2018 mendatang. Sebelumnya seksi 1B Cipinang Melayu–Pangkalan Jati dan 1C Pangkalan Jati–Jakasampurna telah resmi beroperasi sejak November 2017.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Fauziah Nurul Hidayah