Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Produksi Padi Alami Kenaikan Signifikan

Produksi Padi Alami Kenaikan Signifikan Kredit Foto: Antara/Prasetia Fauzani
Warta Ekonomi, Banjar Baru -

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kalimantan Selatan Fathurrahman mengatakan dalam beberapa tahun terakhir produksi padi seluruh daerah di Kalimantan Selatan naik signifikan.

Menurut Fathurrahman usai menandatangani perjanjian kerja sama cetak sawah baru antara Kodam VI Mulawarman dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan di Banjarbaru Rabu, dalam tiga tahun terakhir produksi beras Kalimantan Selatan mengalami pertumbuhan cukup signifikan.

Pada tahun 2015 produksi padi Kalimantan Selatan sebanyak 2,1 juta ton lebih dan pada 2016 naik menjadi 2,3 juta ton lebih dan 2017 menjadi sebanyak 2,4 juta ton lebih.

Peningkatan produksi padi yang cukup signifikan tersebut, tambah dia, terjadi antara lain karena adanya kerja sama dengan TNI dalam membuka lahan baru di berbagai daerah.

"Perjanjian kerja sama ini merupakan lanjutan dari tahun-tahun sebelumnya. Ini adalah kerjasama yang ketiga, yang kita lakukan bersama TNI," katanya.

Data tersebut menunjukkan kerja keras Pemprov Kalsel bersama seluruh pihak terkait, sehingga dalam setiap tahunnya terjadi peningkatan produksi yang cukup besar.

"Bila dijumlahkan, dalam tiga tahun terakhir, produksi padi Kalsel naik hingga 312.091 ton beras," katanya.

Keberhasilan itu, didukung oleh peningkatan luas tambah tanam yang terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

Tercatat dari Oktober 2017 hingga 10 Juli 2018 sudah tanam 546.568 hektare. Luas tanam tersebut, akan terus bertambah, sesuai target yang ditetapkan.

Editor: Ferry Hidayat

Bagikan Artikel:

Video Pilihan