5 Tips Sukses Bagi Pebisnis yang 'Buta' ala Pengusaha yang Putus Sekolah
Colin Wayne adalah CEO Redline Steel, bisnis dekorasi rumah bernilai jutaan dolar yang ia dirikan tanpa pendidikan atau pengalaman apa pun.
Ia tidak memiliki pendidikan tinggi, ia adalah anak yang putus sekolah dan tidak ada pelatihan bisnis. Namun, saya memulai perusahaan manufaktur baja dari awal pada tahun 2016, dan itu di jalur ke kotor lebih dari $ 30 juta tahun ini.
“Ketika saya mulai, saya tidak tahu apa-apa tentang seluk-beluk industri saya. Saya tidak dapat memberi tahu Anda cara mencetak laser pada baja, cat apa yang digunakan, atau rasio keuangan bisnis dekorasi rumah. Tapi sekarang aku bisa memberitahumu apa pun,” kata Wayne.
Wayne mengaku bahwa ia bukanlah seorang pengusaha, ia tidak punya rencana yang sempurna dan tidak memiliki dana. Tapi dia percaya dan yakin pada apa yang dilakukannya.
“Saya siap untuk belajar. Saya belajar tentang pemasaran. Dan yang terpenting, saya bekerja keras. Itu tidak mudah dan masih merupakan kerja keras. Tetapi jika saya melakukannya, siapa pun bisa,” ucapnya penuh semangat kepada Entrepreneur.com.
Begini cara menurut Wayne yang juga patut Anda tiru:
1. Anda tidak perlu menjadi seorang pengusaha, tetapi Anda harus percaya pada apa yang Anda lakukan
“Saya tidak pernah bermimpi untuk memulai bisnis dekorasi rumah dari baja, tetapi saya melihat peluang yang membuat saya bersemangat,” tegasnya.
Awalnya, teman Wayne membeli tanda baseball baja dengan nama putranya di atasnya, dan dia ingin memesan satu untuk anaknya. Namun, perusahaan kecil itu mundur dan tidak lagi produksi. Mulai dari situlah, Wayne menyadari bahwa bisnis dekorasi rumah baja adalah peluang bisnis yang baik baginya dengan sedikit persaingan.
Jadi, temukan ide bisnis yang menggairahkan Anda. Antusiasme Anda akan membawa Anda melewati masa-masa sulit yang dialami semua pengusaha.
2. Anda tidak perlu pendanaan tetapi Anda perlu memulai
Membiayai bisnis Anda seharusnya tidak menjadi penghalang bahkan dalam industri dengan hambatan besar untuk masuk, seperti manufaktur baja. Memang butuh uang untuk menghasilkan uang, tetapi Anda bisa mendekati tujuan Anda secara berbeda.
“Sebelum saya berinvestasi dalam mesin mahal itu, saya ingin memastikan bahwa perusahaan besar akan tertarik dengan dekorasi rumah dari baja. Validasi dari teman dan keluarga tidak cukup; Anda perlu "niat membeli" dari audiens target Anda,” ucap Wayne.
Pelajaran bagi Anda, pikirkan tentang bagaimana Anda dapat menguji industri Anda tanpa membuat pengeluaran uang besar. Jika itu tidak berhasil, Anda tidak kehilangan banyak tetapi telah mendapatkan pengalaman yang tak ternilai untuk langkah selanjutnya. Identifikasi pembuat keputusan dan hubungi mereka secara langsung — jangan buang waktu Anda dengan orang lain. Pikirkan tawaran tanpa otak yang akan menarik perhatian mereka. Menempatkan sesuatu yang nyata di tangan orang itu sangat kuat.
3. Anda tidak membutuhkan rencana yang sempurna, tetapi Anda harus siap untuk belajar
“Awalnya saya berencana untuk bekerja dengan seorang mitra. Dia memiliki dua hal yang tidak saya lakukan: ruang gudang dan pengetahuan manufaktur. Tetapi pada menit terakhir, opsi itu menghilang. Saya dapat beradaptasi dengan cepat karena saya memiliki visi yang teguh untuk menciptakan perusahaan bernilai miliaran dolar. Terlepas dari situasinya, visi saya tidak akan berubah, dan itu membimbing saya menemukan solusi,” kata Wayne.
Banyak pengusaha menunggu rencana yang sempurna. Mereka tidak merasa siap sampai mereka memperoleh lebih banyak pengetahuan dan dukungan. Meskipun visi Anda tidak akan berubah, pahamilah bahwa rencana akan—sering karena faktor di luar kendali Anda. Jadi, bersiaplah untuk beradaptasi dengan cepat.
4. Anda tidak perlu tahu industri, tetapi Anda perlu tahu pemasaran
Pemasaran digital sangat penting untuk setiap bisnis ritel online. Wayne tidak tahu banyak tentang itu, jadi ia menonton banyak video dari pemasar seperti Miles Beckler.
Sebagian besar lalu lintas situs web kami berasal dari Google dan periklanan media sosial. Wayne menggunakan ClickFunnels untuk mengelola iklan, dengan komponen-komponen berikut:
- Demografi pemirsa: Targetkan orang dengan minat di area produk Anda.
- Tawarkan satu produk berbiaya rendah per demografi: Jika pembeli memiliki terlalu banyak opsi, mereka kewalahan dan tidak boleh membeli apa pun.
- Tambahkan diskon waktu terbatas untuk menginspirasi urgensi.
- Buat halaman arahan khusus untuk setiap produk.
“Menurut pengalaman saya, satu dari empat pelanggan melakukan pembelian tambahan. Ini adalah konsep penjualan sederhana yang tidak dimanfaatkan oleh banyak bisnis online, meskipun kami telah menemukan bahwa itu dapat menggandakan pendapatan Anda,” katanya. Iklan digital sangat berguna jika Anda tahu cara menguji dan mengoptimalkannya.
5. Anda tidak membutuhkan yang lain tetapi Anda harus bekerja keras
“Saya bekerja seperti orang gila ketika memulai sampai saat ini. Tapi saya tidak keberatan bekerja tujuh hari seminggu, karena saya menikmatinya. Saya memilih tidak menjadi bos untuk bekerja lebih sedikit. Temukan cara terbaik Anda belajar dan tangan Anda kotor,” jelasnya.
Intinya yang Anda perlukan hanyalah visi yang mampu memompa semangat Anda. Itu akan melindungi Anda dari rasa takut gagal dan mendorong Anda untuk mencapai apa pun, jika Anda bersedia bekerja keras untuk itu.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar
Tag Terkait: