Inspirasi untuk menciptakan pengalaman cokelat yang benar-benar menyerang Katrina Markoff suatu hari ketika dia sedang bekerja di dapurnya dan bereksperimen dengan kombinasi rasa yang tidak biasa, awal mula ia menjadi orang kaya, seperti ningrat.
Mencampur coklat dengan santan dan kari, dia menciptakan satu batch truffle yang sangat lezat dan akhirnya memutuskan dia untuk meluncurkan bisnis, Vosges-Haut Chocolat. Kreativitas semacam itu yang membawa ketajaman bisnis komunitasnya, dan memenangkan OPEN 2007 dari majalah American Express and Entrepreneur Woman of the Year.
Markoff meluncurkan perusahaan cokelat gourmet khusus dari apartemennya di Chicago pada tahun 1998, tetapi perjalanannya dimulai jauh sebelumnya. Dengan semangat untuk memasak, ia menghadiri Le Cordon Bleu di Paris. Markoff menemukan kegigihan sebenarnya dalam mencoba campuran baru. Seorang mentor memasak menyarankannya untuk meluangkan waktu untuk berkeliling dunia sehingga dia bisa belajar dan memperluas imajinasi cita rasanya.
“Saya melakukan perjalanan selama sembilan bulan ke depan, mempelajari makanan jalanan di Asia Tenggara dan Australia,” kata Markoff, “ada hubungan yang lebih dekat antara makanan dan orang-orang dan tanah di negara-negara Dunia Ketiga daripada di AS."
Hubungan dengan orang-orang dan komunitas adalah jantung dari Vosges-Haut Chocolat. Dengan menggunakan bahan-bahan eksotis—mulai dari wasabi hingga adas hingga bubuk cabai ancho—dalam truffle cokelat spesial dan makanan pencuci mulut lainnya, Markoff memungkinkan para pelanggannya untuk mencicipi dan mengalami berbagai cita rasa belahan dunia.
“Itu harus lebih dari sekadar melakukan rasa menarik dengan cokelat,” katanya, “Ini tentang menceritakan kisah tentang budaya, artis, gerakan, atau agama yang berbeda melalui medium cokelat."
Ketika Markoff meluncurkan cokelatnya, dia memulai melempar cokelatnya ke seorang pembeli di Neiman Marcus. Meskipun responnya belum sesuai dengan ekspetasinya, dia meninggalkan beberapa sampel dengannya. Keesokan harinya, dia menelepon dan meminta lebih banyak.
“Itu adalah akun grosir pertama kami dari apartemen saya,” kenang Markoff.
Dua bulan kemudian, ia membuka toko ritel pertamanya di lingkungan Buck-town Chicago. Segera setelah itu, ia meluncurkan katalog pesanan pos dan situs web, dan merek itu benar-benar melejit.
Pada tahun 2007, penjualan perusahaan mencapai hampir $ 12 juta. Sekarang Markoff mengatakan tantangannya adalah membawa perusahaan ke tingkat berikutnya. Dengan butik cokelat di Chicago, Las Vegas dan New York, ia baru-baru ini menjadi global dengan meluncurkan di Jepang dan sedang mempertimbangkan membuka lokasi di London.
Secara lokal, bagaimanapun, Markoff berpikir pada penciptaan merek mewah yang berkelanjutan. Dia sudah menjalankan markasnya dengan 100 persen energi terbarukan. Ia menyediakan fasilitas yoga untuk memberdayakan karyawannya.
Semua sentuhan khusus tersebut merupakan keharusan bagi sekitar 50 karyawan Vosges, yang sudah menikmati kelas yoga mingguan di kantor.
“Sangat penting untuk memilikinya di perusahaan,” kata Markoff tentang manfaat yang dirancang untuk menumbuhkan atmosfer kreativitas dan inovasi serta ketenangan dan relaksasi, “ini tidak semua tentang uang; ada komponen gaya hidup untuk bisnis ini,"
Dimuliakan dengan diberi nama Woman of the Year, Markoff berharap perusahaannya akan menjadi teladan bagi yang lain untuk keberlanjutan. Pada akhirnya, dia memuji timnya dengan kesuksesan perusahaannya.
"Saya memiliki tim manajemen yang sangat kuat yang mencakup kebutuhan akan perubahan," katanya, “tetapi inovatif dan canggih pasti menantang, tetapi itu menarik pada saat yang sama. Itulah mengapa banyak orang ingin bekerja di sini dan setiap individu di sini memiliki kemampuan untuk membuat perubahan. “
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar
Tag Terkait: