Tidak Ada Cara Instan untuk Kaya

Tidak Ada Cara Instan untuk Kaya Kredit Foto: Unsplash/Helena Lopes

Belum lama ini kita semua menyaksikan sebuah film berjudul Crazy Rich Asians menceritakan bahwa tokoh utama pria berasal dari keluarga kaya raya di mana kekayaannya merupakan perjuangan dari kakek dan nenek dalam membangun bisnis. Tidak ada yang instan dalam proses tersebut.

Iya, dalam mencapai kekayaan tidak ada yang instan, semua perlu proses. Yang bisa kita lakukan adalah mempercepat proses tersebut selagi orang-orang di sekeliling Anda masih santai-santai saja. Yuk, intip beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mempercepat langkah mencapai kekayaan yang Anda inginkan.

Disiplin terhadap anggaran yang sudah dibuat

Bila belum memiliki anggaran, mulailah bersegera untuk memiliki anggaran dalam keuangan Anda. Tujuannya adalah untuk mempermudah dalam men-tracking pengeluaran. Dengan membuat anggaran serta pos-pos keuangan sedari awal, Anda seharusnya lebih mudah dalam mengendalikan pengeluaran.

Menerapkan kebutuhan hidup bulanan 50%

Setelah menerima gaji bulanan, sesegera mungkin pisahkan 50% pertama untuk kebutuhan hidup Anda. Kebutuhan hidup yang benar-benar pokok, mulai dari makan, transportasi, hingga kebutuhan kamar mandi. Harus diingat, bagian 50% pertama ini adalah untuk kebutuhan primer, bukan untuk jajan, belanja-belanja yang belum perlu atau lainnya.

Jadilah pribadi yang tidak hanya pintar mencari uang, tapi cerdas dalam mengelola keuangan karena sudah sangat banyak orang yang pintar mencari uang, namun hanya sedikit yang bisa mengelola keuangan dengan baik, termasuk mengontrol pengeluaran. Dengan demikian, Anda bekerja tidaklah sia-sia karena memiliki pos-pos keuangan yang baik.

Kerja keras dan lakukan kerja sampingan

Untuk mencapai sesuatu yang diinginkan, kita memerlukan kerja keras. Di era globalisasi seperti saat ini, kita menyadari adanya persaingan ketat. Kita berkompetisi tidak hanya dengan sesama warga Indonesia, namun juga bersaing dengan warga negara asing yang bekerja di Indonesia. Maka jangan terlalu terburu-buru untuk puas diri ataupun bersenang-senang.

Perjalanan kita masih panjang. Kita dapat memaksimalkan diri lebih baik untuk bersaing. Di saat teman-teman masih nongkrong di coffee shop, Anda bisa sesekali saja sekaligus menyelesaikan pekerjaan sampingan atau mencari penghasilan tambahan di weekend.

Bukan berarti tidak bisa gaul, lho! Yang penting jangan kebanyakan gaul daripada kerja keras. Sebab, yang bisa mempercepat untuk mencapai kekayaan adalah usaha Anda sendiri.

Berani memulai investasi

Masih banyak masyarakat yang ragu ketika mendengar kata investasi. Padahal "cuma" menabung saja tidak akan membuat Anda bertambah kaya, bisa lebih sulit malah. Kita sama-sama tahu bahwa inflasi tidak sebanding dengan return yang diberikan oleh bank.

Mau tidak mau, Anda harus mulai memberanikan diri untuk berinvestasi. Tentunya bukan tanpa modal pengetahuan. Anda harus terlebih dahulu membuka pikiran untuk menerima informasi baru mengenai dunia investasi. Dengan pengetahuan yang tepat, nantinya Anda bisa mulai memberanikan diri untuk berinvestasi di pasar modal seperti reksa dana sampai dengan saham.

Tingkat pengembalian investasi yang variatif setiap tahunnya tentu bakal bikin uang Anda selamat dari inflasi kan. Jadi, sudah siap kan untuk mempercepat dalam mencapai kekayaan Anda? Maka segeralah action dengan penuh komitmen dan disiplin tinggi. Happy Planning.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini