Begini Masa Depan Ritel Online di 2019 untuk Kalangan Bisnis Kecil
Retail online membuka harapan bagi kalangan pengusaha kecil. Banyak dari mereka yang memanfaatkan berbagai macam e-commerce untuk menjalankan usahanya. Tapi, di tahun 2019 nanti, apakah itu lebih baik daripada menjalankan usaha di situs web Anda sendiri?
Ternyata, menurut Entrepreneur.com, retail online memang masih memiliki masa depan untuk para pengusaha kecil. Menjalankan usaha dengan e-commerce yang sudah ada membuat hidup Anda lebih sederhana. Anda dapat membiarkan mereka menangani pengiriman, dan memilih konsultasi serta dapat memilih untuk posting disponsori.
Di tahun yang akan mendatang, nasib retail online sudah mulai terlihat, berikut penjabarannya:
Ketergantungan pada Big Tech
Pelanggan tidak mempercayai pengecer kecil dengan mudah, kecuali mereka telah mendengar sambutan hangat dari teman-teman sehingga membuat orang membayar online dan meyakinkan mereka pengiriman tepat waktu, jauh lebih mudah ketika berada di platform besar. Anda dapat mengandalkan kepercayaan dan jaringan yang telah mereka bangun, tetapi pasti datang dengan biaya.
Jika Anda adalah pengecer kecil, apakah mendaftar di platform e-commerce adalah langkah pertama untuk berjualan secara online? Tentu saja. Satu-satunya masalah adalah pengecer kecil mungkin lebih bergantung pada platform besar ini daripada yang diinginkannya.
Terlihat
Pengiklan dari semua ukuran saat ini sangat bergantung pada Google, Facebook, dan Instagram. Jika Anda ingin menjangkau audiens seribu tahun Anda, ke mana lagi Anda akan pergi? Dan apakah Anda menjual atau tidak, siapa yang menghasilkan uang? Google dan Facebook lah jawabannya.
Sama halnya dengan usaha kecil di India. Internet didominasi oleh teknologi besar, dan itu hanya prosedur standar untuk mendapatkan platform besar ini untuk menjangkau audiens Anda. Pertumbuhan organik online sulit dan mahal untuk membangun, kecuali Anda entah bagaimana oleh beberapa keberuntungan menjadi viral.
Tentu, ritel online sangat sulit untuk pengecer kecil. Tidak ada jeda optimisasi mesin pencari, lalu lintas situs web, likes di Facebook, pengikut di Instagram dan pelanggan di YouTube. Caranya adalah dengan memilih satu platform dan membangunnya. Strategi untuk menang dalam bisnis tetap yang lama, hanya media telah berubah. Hanya ada harapan untuk Anda jika Anda berinovasi.
Bermitra dengan Pemain Gratis di Kota
Pengecer kecil memiliki jangkauan terbatas. Sulit untuk memberikan pengiriman cepat di luar jarak tertentu. Untuk mengatasi hal ini, identifikasi satu tujuan utama yang memiliki konsentrasi tinggi dari pelanggan Anda. Bermitra dengan pengecer di sana untuk mengurus pemenuhan pesanan online untuk Anda.
Outsource
Anda tidak perlu teknologi, produksi konten, dan layanan e-commerce lain di rumah. Ada usaha kecil lain yang menyediakan fasilitas ini. Bermitra dengan mereka seolah-olah mereka adalah tim Anda sendiri dan bekerja erat untuk mencapai tujuan Anda. Jaga operasi seramping mungkin.
Kemungkinan Alternatif
Tentu, internet didominasi oleh teknologi besar tetapi ada orang lain yang memiliki kulit dalam permainan. Ponsel Jio memiliki akses ke jutaan pelanggan hanya karena perangkat. Indus OS alternatif India ke Google Play Store memiliki akses ke sejumlah besar pengguna karena berfungsi untuk orang yang ingin berkomunikasi dalam 23 bahasa daerah di India.
Jika Anda tahu audiens Anda, Anda dapat memilih platform alternatif untuk memberi Anda dorongan lalu lintas. Apakah ini hanya trial and error? Mungkin begitu. Tetapi kemudian sangat membesarkan hati untuk mengetahui bahwa ada pilihan lain selain dari apa yang ditawarkan Silicon Valley kepada kita.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar
Tag Terkait: