Menduduki jabatan sebagai Chief Executive Officer (CEO) itu berarti Anda memiliki tanggung jawab penuh terhadap segala operasional perusahaan. Oleh karena itulah peranan CEO dalam perusahaan sangat penting sehingga mengharuskan mereka sebisa mungkin terhindar dari kesalahan.
Baca Juga: Daripada Fatal, Sebaiknya Hindari Kesalahan Ini Deh saat Berikan Nama Bisnis
Ada beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan CEO, padahal seharusnya itu yang paling dihindari. Melansir dari Entrepreneur.com (22/2/2019), berikut macam-macam kesalahannya:
1. Enggak tahu kapan mendelegasikannya
Para eksekutif sering jatuh dalam perangkap untuk mencoba melakukan semuanya sendiri. Bagaimanapun, Anda mungkin bisa menyelesaikan tugas lebih cepat dan lebih murah daripada orang lain, dan Anda percaya diri untuk melakukannya dengan benar.
Baca Juga: Milenial Harus Waspada: 4 Kesalahan Ini Bisa Lenyapkan Uang Hasil Bisnis
Tetapi, sadarkah Anda bahwa itu salah satu kesalahan yang umum? Sebaiknya Anda bisa mempercayai orang lain dalam bidang yang tidak bisa Anda kuasai. Anda harus tahu kapan waktu yang tepat untuk mendelegasikan. Mendelegasikan bukanlah suatu pilihan, itu suatu keharusan.
2. Terlalu hemat
Semua orang ingin meningkatkan laba mereka, tetapi Anda harus strategis tentang biaya apa yang Anda coba potong.
Baca Juga: Pede Keuangannya Stabil, Orang Indonesia Gunakan Dana Cadangannya ke 5 Hal Ini
Dalam beberapa waktu, menghemat pengeluaran 5-7 persen terdengar hebat. Tetapi, dalam jangka panjang, memangkas pengeluaran tanpa mempertahankan kualitas dan efisiensi akan membebani Anda lebih banyak dalam pengembalian uang dan pelanggan yang tidak puas, belum lagi kerusakan pada identitas merek dan reputasi Anda.
Jangan memangkas biaya tanpa memikirkan dampaknya pada merek Anda.
3. Berpikiran pendek
Membangun merek tidak terjadi dalam semalam, dan Anda harus selalu berlatih untuk menjadi kompetitif. Sebagai seorang CEO jangan terlalu asyik dalam jangka pendek, Anda harus tetap melihat visi jangka panjang perusahaan.
4. Menyalahkan tim
Sebagai CEO, Anda harus menerima tanggung jawab, bahkan jika sesuatu bukan salah Anda. Jika Anda bertanggung jawab atas kesalahan dan tidak pernah menyalahkan tim Anda, pelanggan dan karyawan akan menghormati otoritas Anda.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar
Tag Terkait: