Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pegang Erat Strategi, Keberhasilan RedDoorz Lagi dan Lagi

Pegang Erat Strategi, Keberhasilan RedDoorz Lagi dan Lagi Kredit Foto: Instagram/reddoorzid
Warta Ekonomi, Jakarta -

Lebih dari tiga tahun yang lalu, ketika Amit Saberwal mendirikan RedDoorz, perusahaan berbasis SaaS untuk membantu pemilik hotel dalam bisnis perhotelan di Indonesia dan Singapura. Dalam setahun sejak awal berdiri, dia menyadari ada sesuatu yang salah dalam bisnisnya, yang menghambat pertumbuhannya dan mencegahnya untuk mencapai kesuksesan.

Saberwal, yang telah bekerja selama lebih dari dua dekade di industri perhotelan termasuk Makemytrip, yang merupakan salah satu situs pemesanan perjalanan terkemuka, menganalisis bahwa ada permintaan besar dari milenial, pemilik bisnis, dan pemilik hotel kecil & menengah. Saat itulah ia memutuskan untuk memecah pasar perhotelan tradisional Asia Tenggara pada 2015, yang diperkirakan akan melampaui batas $17 miliar pada tahun 2023.

Baca Juga: OYO Jadi Pesaing Ketat RedDoorz di Indonesia

“Kami melihat model bisnis memudahkan pelanggan untuk memesan properti dan pemilik properti menghasilkan lebih banyak uang, yang sangat masuk akal. Jaringan hotel tradisional masih tetap 'tradisional' dan inilah mengapa model bisnis kami adalah pengganggu dalam industri ini,” kata Saberwal yang dikutip dari Entrepreneur (8/3/2019).

RedDoorz sekarang menggabungkan hotel-hotel berbiaya rendah yang ada pada satu platform dan memberikan stafnya pelatihan teknologi serta layanan pelanggan dasar, bahasa, dan pelajaran pembersihan untuk memastikan tingkat layanan yang seragam di seluruh jaringan. Setiap lokasi kemudian dicap sebagai hotel RedDoorz.

Baca Juga: Dengan VHO, Bisnis Hotel Semakin Mudah

Dalam kurun waktu 48 bulan, startup ini memperluas kehadirannya di tiga pasar terkemuka di Asia Tenggara yang meliputi Singapura, Indonesia dan Filipina, dan menargetkan pasar keempat Vietnam dengan entri terbaru.

Saberwal mengatakan bahwa rahasia kesuksesan instan dalam industri ini adalah pengalaman masa lalunya, yang memainkan peran penting dalam mendorong RedDoorz ke posisi yang tangguh di pasar.

“Kami melihat Asia Tenggara memiliki pasar yang sangat besar dan ini berarti ada peluang besar bagi banyak pelaku pasar di bidang ini. Pasar pertama kami adalah Indonesia,” kenang Saberwal. Dengan kamar yang tersedia hanya dari Rp99.000 ($7,30), RedDoorz secara khusus menargetkan pelancong domestik di kawasan ini, terutama demografis kaum muda yang besar.

Baca Juga: RedDoorz Perluas Propertinya ke Yogyakarta dan 4 Kota Besar di Jateng

Di pasar Asia yang berfluktuasi dengan cepat, menempatkan startup di industri perjalanan sama sekali tidak mudah. Saberwal mengatakan, “Memahami pasar berbagai wilayah di Asia itu sulit. Dari Indonesia ke Filipina, permintaan dan target audiens berbeda. Oleh karena itu, kami membuat strategi untuk fokus pada model bisnis asset-light."

Dengan teknologi yang tertanam dalam DNA-nya, perusahaan ini dapat terlibat dengan para milenial (rata-rata pelanggan mengulangi lebih dari lima kali setahun) secara mendalam melalui semua platform digital (pada aplikasi, seluler, web) dan upaya pemasaran digital. Sistem berkemampuan AI perusahaan memprediksi harga dan mengubah tarif properti secara otomatis setiap jam.

Dengan kelas menengah yang mengadopsi perjalanan sebagai gaya hidup, dengan fokus pada efisiensi biaya, perjalanan anggaran sedang mengalami transformasi besar di seluruh Asia Tenggara. Di tengah itu, RedDoorz membuat tempat khusus di pasar.

Baca Juga: RedDoorz Targetkan Tumbuh di 8 Kota Jabar

Sejak Desember 2017, RedDoorz telah tumbuh sebanyak tujuh kali dengan laju rata-rata empat juta kamar per malam yang ditempati setiap tahunnya. Apa strategi ekspansi cepatnya?

“Alasan kami unggul di sini terletak pada akar bisnis inti kami di industri perhotelan dan teknologi. Fokus kami adalah pada segmen properti bintang tiga dan di bawahnya, pasar yang sangat terfragmentasi. Properti kami memiliki jaminan layanan sederhana untuk pelanggan kami. Kami memastikan bahwa kami memenuhi area permintaan tinggi di segmen kami sebelum pindah ke area berikutnya,” jelas pendiri berusia 49 tahun ini.

Perusahaan ini sekarang beroperasi di 40 kota dengan lebih dari 700 properti (17.000 kamar) di Indonesia, Singapura, Filipina, dan Vietnam. Namun, pasar terbesarnya tetap sama, yaitu pasar pertama Indonesia.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar

Bagikan Artikel: