Seorang Chief Executive Officer (CEO) adalah manajer eksekutif peringkat tertinggi dan pembuat keputusan di organisasinya. Tugasnya di perusahaan bisa luas.
Mulai dari menentukan arah strategis bagi perusahaan hingga mempertahankan kesadaran tentang apa yang dilakukan pesaing, CEO dituntut untuk memimpin, mengelola, dan beroperasi pada level tinggi untuk memastikan keberhasilan bisnis.
Agar lebih rinci, Warta Ekonomi telah merangkum beberapa tugas khusus bagi CEO, simak penjabaran berikut:
Menentukan arah strategis untuk perusahaan
Arah strategis perusahaan dapat mencakup nilai-nilai, misi, visi, arah, dan strategi keseluruhannya. CEO bertanggung jawab untuk mencari tahu bagaimana semua bagiannya bersatu, melaksanakan rencana, pelaksanaannya, dan mengawasi operasi organisasi, sesuai dengan strategi menyeluruhnya.
Menjadi wajah publik perusahaan
CEO sering kali menjadi wajah publik perusahaan. Mark Zuckerberg, misalnya, identik dengan Facebook. Tugas yang dihasilkan dapat melibatkan wawancara lapangan dan permintaan media, membuat penampilan di radio dan TV, mengeluarkan siaran pers dan menghadiri acara lokal. Banyak wirausahawan pemula melihat tokoh-tokoh, seperti Mark Zuckerberg dan Elon Musk dan percaya bahwa untuk menjadi sukses, mereka juga perlu membangun citra yang menghadap publik.
Melaporkan kepada dewan direksi
Dalam sebuah perusahaan standar, seorang CEO akan melapor kepada dewan direksi dan sering mencari nasihat dan bimbingan dari mereka. Seorang CEO biasanya dipilih oleh dewan ini, tetapi penunjukan eksekutif bergantung pada struktur perusahaan. Dalam beberapa kasus, perusahaan didirikan oleh CEO, yang mungkin memiliki sebagian besar saham perusahaan.
Mengembangkan arah untuk sumber daya manusia
Apa kesamaan Xerox, Dunkin 'Donuts, dan General Motors? Mereka semua mempromosikan VP SDM menjadi CEO.
Walaupun taktik ini mungkin belum lazim, taktik ini berfungsi untuk menyoroti kekuatan di belakang departemen SDM, dan untuk menunjukkan bagaimana CEO harus selalu berpikir strategis tentang karyawan di organisasi. Perusahaan akan berhasil hanya jika karyawan utamanya terus belajar dan tumbuh.
Menciptakan jaringan bisnis
Menciptakan jaringan bisnis dapat melayani berbagai tujuan dalam suatu organisasi dan merupakan tugas penting bagi CEO untuk dijalankan. Tugas ini dapat mencakup menghubungkan dengan vendor, mengungkap peluang akuisisi potensial, bergabung, atau menghadiri acara-acara industri yang relevan, berbagi tantangan dengan rekan dan mentor, memulai kelompok pertemuan lokal, dan masih banyak lagi.
Menemukan peluang akuisisi
Meningkatkan penjualan bukan satu-satunya cara bagi perusahaan untuk tumbuh, namun masih ada cara lain, yakni akuisisi.
Manfaat dari pembelian potensial dapat mencakup personil, hubungan, reputasi, data, akses ke segmen pasar yang berbeda, peralatan, dan sumber daya lainnya. Mengakuisisi pesaing atau bisnis di pasar terkait dapat meningkatkan efisiensi perusahaan dan memungkinkannya berkembang pada tingkat yang sebaliknya mungkin tidak terpikir mungkin.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar
Tag Terkait: