Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Diversifikasi Produk, KREN Fokus kepada Fintech

Diversifikasi Produk, KREN Fokus kepada Fintech Kredit Foto: Unsplash/Jonas Leupe
Warta Ekonomi, Jakarta -

Untuk melengkapi struktur Perseroan yang saling terkait sebagai sebuah portofolio perusahaan yang terdiversifikasi namun terintegrasi, dalam dua tahun terakhir PT Kresna Graha Investama Tbk (KREN) menjadi investor aktif di berbagai sektor digital dan teknologi, meliputi bidang pembayaran digital, P2P Lending, distribusi, ritel, komunikasi, travel, transportasi, entertainment, advertising, software-as-a-service (SaaS), dan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

Melalui jaringan bisnis yang ekspansif, KREN mendorong perusahaan-perusahaan ini untuk tumbuh lebih cepat dan kuat. Berperan sebagai digital business integrator, KREN secara aktif melakukan sinergi berbagai perusahaan yang ada di portofolionya, menciptakan sebuah ekosistem digital yang lengkap dan saling menguntungkan dimana setiap perusahaan dapat melakukan pertukaran dan menghubungkan sumber daya dan teknologi yang mereka miliki, bahkan melakukan cross-selling produk antar platform.

Baca Juga: KREN Perkirakan Pendapatan 2018 Capai Rp5 Triliun

Hal tersebut menjadi sebuah keunggulan tersendiri dari KREN, dimana model ini telah berjalan dengan sangat baik dan menghasilkan hasil yang luar biasa, baik secara komersial maupun finansial.

Anak usaha KREN, MatchMove Pay Pte Ltd (MMP) yang merupakan fintech yang tumbuh cepat di Singapura dan memiliki cakupan global, melayani lebih dari 50 perusahaan di seluruh Asia Tenggara, India, Australia dan Amerika Latin. Fintech ini berencana untuk berekspansi ke Eropa, Afrika Selatan dan Cina.

Sementara di Indonesia MMP membangun PT Matchmove Indonesia (MMI) di 2018, bersama dengan unit distribusi digital KREN, PT M Cash Integrasi Tbk (MCAS). MMI dapat menikmati keuntungan dengan memanfaatkan infrastruktur digital MCAS yang besar, sementara MCAS sendiri dapat mengakses platform MMI untuk mendistribusikan produk digitalnya ke sepuluh juta pelanggan potensial.

Baca Juga: Segmen Bisnis Teknologi Jadi Penopang Kinerja KREN di Kuartal III 2018

Melalui koneksi KREN, MMI juga berhasil untuk mendapatkan kesepakatan dengan salah satu bank terbesar di Indonesia, memberdayakan institusi dan 70 juta pelanggannya dengan platform MatchMove Bank-as-a-service. KREN juga membantu MMI untuk mengamankan kesepakatan dengan salah satu organisasi massa terbesar di Indonesia, bertujuan untuk memberdayakan 50 juta anggota mereka dengan solusi pembayaran digital MMI.

Pada tahun 2018, KREN juga berperan aktif untuk mewujudkan kolaborasi timbal balik antara PT Digital Artha Media (DAM Corp.) dan MCAS, yang bertujuan untuk memberikan konten digital yang memberdayakan lebih dari 50.000 warung di seluruh Indonesia. Integrasi lainnya juga dapat ditemukan di jalan tol free-flow (auto gate) dan proyek unmanned store dimana sumber daya lintas bidang (teknologi, sumber daya manusia, modal dan jaringan) telah dikerahkan untuk merealisasikan proyek tersebut.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Agus Aryanto
Editor: Kumairoh

Bagikan Artikel: