Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Gandeng Qiscus, Kata.ai Luncurkan Chatbot untuk WhatsApps Business

Gandeng Qiscus, Kata.ai Luncurkan Chatbot untuk WhatsApps Business Kredit Foto: Merdeka
Warta Ekonomi, Jakarta -

Jika dulu konsumen menggunakan website, mobile app, atau email untuk mencari informasi dan produk yang mereka butuhkan. Kini preferensi konsumen pun beralih ke aplikasi perpesanan. Setidaknya pengguna internet di Indonesia memiliki empat chat apps di ponselnya.

Fenomena ini pun kemudian melahirkan sebuah gaya hidup baru, konsumen ingin berinteraksi dengan brand secara sederhana dan mudah. Penelitian dari Dimensions Data mengungkapkan bahwa sembilan dari sepuluh konsumen lebih senang menggunakan chat apps untuk menghubungi agen layanan konsumen dibanding harus menghubungi lewat telepon. Selain itu, menurut data dari Nielsen, 56% konsumen lebih memilih chat apps daripada call centre untuk mendapatkan informasi yang diperlukan.

Dalam tren global, aplikasi perpesanan seperti WhatsApp menempati urutan tiga teratas dengan pengguna terbanyak setelah Facebook dan YouTube. Itulah sebabnya kehadiran solusi WhatsApp Business API menjadi peluang yang menguntungkan bagi pelaku bisnis.

Baca Juga: Fasilitasi Transformasi Digital, Kata.ai Kenalkan Inovasi Conversational AI di Indonesia

Brand Marketing Kata.ai, Lia Lestari menyatakan, sebgai salah satu partner WhatsApp, pihaknya menawarkan solusi WhatsApp Business API untuk membantu perusahaan meningkatkan proses layanan konsumen melalui WhatsApp dengan skala jangkauan yang lebih luas. Melalui solusi ini perusahaan dapat memiliki kapabilitas untuk mengirimkan notifikasi, pengingat, pemberitahuan pesanan, kode verifikasi, dan membangun komunikasi interaktif yang lebih aman dengan konsumen.

Selain itu, solusi WhatsApp Business ini dapat terhubung dengan teknologi conversational artificial intelligence (AI) milik Kata.ai sehingga apa pun pertanyaan, kebutuhan, atau keluhan konsumen dapat dijawab langsung oleh chatbot secara otomatis. Untuk kasus saat pertanyaan pelanggan harus dijawab oleh operator, percakapan dapat diambil alih oleh operator melalui dasbor.

"WhatsApp Business API dari Kata.ai memungkinkan bisnis memiliki layanan konsumen yang pintar dan personal melalui aplikasi WhatsApp," kata Lia.

Solusi WhatsApp ini bertujuan membantu perusahaan mengefektifkan proses layanan konsumen dan mengurangi biaya operasional. Tidak hanya itu, manfaat nyata dari solusi WhatsApp Business API yang ditawarkan pun terdapat pada kecepatan dan fleksibilitas saat merespons pesan konsumen. Kabar baik lainnya, akun WhatsApp Business klien cukup memiliki satu nomor telepon yang dapat digunakan oleh beberapa admin untuk melayani jutaan konsumen.

Selain itu, WhatsApp Business dari Kata.ai juga terintegrasi dengan multichannel customer service chat dari Qiscus. Sebagai perusahaan software as a service (SaaS) yang menjadi rekan Kata.ai, Qiscus menawarkan dasbor yang dapat terhubung dengan berbagai aplikasi perpesanan termasuk WhatsApp untuk memudahkan admin customer support perusahaan merespons pertanyaan atau pun keluhan konsumen.

Dari sisi teknis, akun WhatsApp Business nantinya akan terhubung langsung dengan Qiscus Multichannel Customer Service Chat yang dapat diakses oleh beberapa admin. Admin customer support perusahaan pun dapat menerima dan membalas pesan secara langsung dari dasbor tersebut. Selain itu, admin dapat menandai daftar obrolan dan membaginya menjadi beberapa kategori seperti obrolan yang sudah selesai atau tertunda.

Baca Juga: Kata.ai dan Halosis Bersinergi Hadirkan Chatbot untuk UMKM

"WhatsApp Business API dari Kata.ai dan Qiscus Multichannel Customer Service Chat dapat membantu perusahaan Anda melayani kebutuhan konsumen hanya dengan satu nomor WhatsApp dan mengelola semua pesan dalam satu platform terintegrasi. Semua hal ini dapat dilakukan secara real-time, Anda lebih menghemat waktu dan biaya perusahaan. Selain itu, saat yang bersamaan Anda pun dapat meningkatkan kredibilitas perusahaan dan menawarkan pengalaman konsumen yang lebih baik," tukas Lia.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Yosi Winosa
Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: