Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

CFO Jadi Posisi Manajemen Terpopuler Srikandi Indonesia

CFO Jadi Posisi Manajemen Terpopuler Srikandi Indonesia smiling woman shaking hands with another person. | Kredit Foto: Unsplash/Rawpixel
Warta Ekonomi, Jakarta -

Eksistensi sosok wanita dalam dunia bisnis tidak perlu diperdebatkan lagi. Kehadiran figur wanita di manajemen perusahaan sudah menjadi hal yang lumrah dalam dekade terakhir ini telah membawa pandangan berbeda dari para pria serta terbukti mampu meningkatkan kinerja perusahaan.

Menjelang Hari Kartini yang akan jatuh beberapa hari lagi, Grant Thornton menyajikan data terkait wanita Indonesia yang berkecimpung dalam dunia bisnis berdasarkan Women in Business 2019. Laporan tahunan Grant Thornton ini memberikan gambaran dan perspektif wanita di dunia bisnis dari seluruh dunia.

Berdasarkan survei yang dilakukan di 37 negara, Indonesia melejit di peringkat dua setelah India sebagai negara, di mana wanita paling banyak memegang posisi manajemen senior. Survei mencatat hanya 2% dari perusahaan di Indonesia yang seluruh posisi manajemen senior dikuasai pria, selebihnya setidaknya satu wanita memegang posisi strategis kepemimpinan perusahaan.

Baca Juga: Wirausahawan Wanita Kanada dan Indonesia Sama-sama Terkendala Masalah Ini

Perkembangan tersebut tampaknya didukung berbagai strategi yang dilakukan perusahaan-perusahaan Indonesia untuk meningkatkan jumlah posisi wanita dalam manajemen senior mereka beberapa tahun belakangan ini.

Laporan Women in Business 2019 mencatat tiga strategi yang paling banyak dilakukan perusahaan di Indonesia untuk meningkatkan maupun menjaga keseimbangan gender, di antaranya menyediakan program pelatihan, menyediakan fleksibilitas dalam dunia kerja, dan memastikan akses yang setara antara pria dan wanita terkait peluang kerja.

Jika berbicara mengenai posisi di manajemen senior yang paling banyak dipegang wanita, chief financial officer (CFO) ternyata memiliki populasi terbanyak, berdasarkan laporan tahun ini tercatat 50,4% perusahaan memiliki wanita sebagai pemegang jabatan tertinggi pada bagian keuangan mereka.

Posisi tersebut diikuti human resources director (direktur sumber daya manusia) yang berada di angka 26% dan chief marketing officer (CMO) di kisaran 18,9% untuk posisi terbanyak yang dipimpin para srikandi dalam struktur organisasi perusahaan.

Baca Juga: Kata Siapa Wanita Tidak Bisa Jadi CEO atau CFO?

"Para wanita di Indonesia terus memberikan kontribusi nyata bagi perusahaan tempat mereka bekerja, berbagai posisi yang ditempati di manajemen senior perusahaan menandakan peran para wanita di berbagai bidang semakin besar untuk membawa perusahaan memiliki kinerja lebih baik," ujar Johanna Gani.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Agus Aryanto
Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: