Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Lampaui Target, MAPA Raup Pendapatan Bersih Rp1,5 Triliun

Lampaui Target, MAPA Raup Pendapatan Bersih Rp1,5 Triliun Kredit Foto: Qerja.com
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Map Aktif Adiperkasa Tbk (MAPA), perusahaan ritel untuk produk olahraga dan hiburan di Indonesia, membukukan kenaikan pendapatan bersih hampir 15% menjadi Rp1,5 triliun untuk kuartal pertama 2019.

Laba usaha perseroan pun meningkat 23,3% menjadi Rp197 miliar, sedangkan pendapatan bersih meningkat 25,6% menjadi Rp147 miliar. Margin pendapatan bersih meningkat menjadi 9,7% dari 8,8% yang tercatat di periode yang sama tahun lalu.

MAPA’s Corporate Secretary, Ratih D Gianda mengatakan, "Tujuan kami adalah untuk dapat mengoptimalkan platform ritel multi-tier perusahaan agar menjadi destinasi belanja yang memiliki keanakeragaman produk sports dan leisure. Kami akan terus berinvestasi di infrastuktur, ritel, dan berbagai merek kami untuk menunjukkan potensi bisnis MAP Aktif."

Di sisi lain, same store sales growth (SSSG) konsolidasian di kuartal pertama 2019 ikut meningkat 8%, didorong dari pertumbuhan segmen sports dan kids.

Baca Juga: MAPA Siap Kembangkan Clarks di Pasar Indonesia

"Meski permintaan pelanggan tinggi di bisnis leisure, SSSG sempat menurun, terutama karena kendala supply chain terkait perubahan struktur perusahaan induk Payless USA yang akan kembali seimbang di semester kedua tahun ini," jelasnya.

Margin laba kotor perseroan pun meningkat sebanyak 140 basis poin menjadi 46,4%, hasil dari meningkatnya perencanaan merchandise, peningkatan pembelian dan eksekusi pemasaran di seluruh platform ritel multi-tier perusahaan.

Untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri, MAPA mengupayakan inventory days yang lebih tinggi, dari 163 hari menjadi 197 hari untuk memenuhi peningkatan penjualan. Tambahan inventory juga dianggarkan untuk distribusi eksklusif merek Lego yang telah diakuisisi, peluncuran digital PlanetSports.Asia dan ekspansi di Vietnam.

MAPA pun telah menaruh investasi dalam infrastruktur digital dengan peluncuran independen atas PlanetSports.Asia dan KidzStation.Asia sehingga penjualan digital meningkat tajam 123%.

Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel:

Video Pilihan