Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

BlueChilli Luncurkan HealthTech Accelerator untuk Asia Tenggara

BlueChilli Luncurkan HealthTech Accelerator untuk Asia Tenggara Kredit Foto: Unsplash/Rawpixel
Warta Ekonomi, Jakarta -

Venture studio dan grup inovasi BlueChilli telah bermitra dengan Enterprise Singapore, sebuah lembaga ekonomi di bawah Kementrian Perdagangan dan Industri Singapura, akan meluncurkan sebuah akselerator HealthTech yang berbasis di Singapura.  untuk merangsang inovasi dan membangun startup yang menjawab tantangan-tantangan dan kesempatan-kesempatan bidang kesehatan di kawasan Asia Tenggara.

CEO BlueChilli, Sebastien Eckersley-Maslin, mengatakan bahwa pendirian kantor pusat permanen BlueChilli di Singapura merupakan bagian dari strategi yang lebih besar untuk menyokong investasi pada potensi-potensi Asia.

“Misi kami adalah untuk membantu orang di mana pun dalam menjawab masalah-masalah terbesar teknologi yang dihadapi masyarakat. Kami sangat bersemangat untuk memperluas jangkauan kami ke kawasan Asia Tenggara,” ujar Eckersley-Maslin dilansir dari keterangan tertulis, Kamis (9/5/2019).

Baca Juga: 5 Startup Ini Kembangkan Teknologi untuk Tingkatkan Kesehatan Mental

Untuk diketahui, sektor HealthTech di kawasan Asia Pasifik merupakan kedua terbesar di dunia, setelah Amerika Serikat, dari segi investasi dana yang dikumpulkan. Tahun lalu, dana sebesar US$6,3M disalurkan kepada perusahaan rintisan HealthTech di kawasan ini–investasi ini melampaui jumlah investasi di tahun 2017 dan dua kali lipat dari tahun 2016.

Eckersley-Maslin mengungkapkan, akselerator baru ini akan menjadi pendorong utama dalam memajukan karya BlueChilli dengan talenta-talenta di kawasan tersebut dalam membangun perusahaan rintisan berskala dunia. Dalam membangun aktivitasnya di kawasan, BlueChilli meluncurkan sebuah Pusat Inovasi (Innovation Centre) bermitra dengan Coca-Cola Amatil di Indonesia bulan lalu.

“Ide-ide baru, model-model bisnis inovatif, dan teknologi-teknologi baru yang muncul dari akselerator memiliki potensi yang sangat besar untuk memutus dan mentransformasi industri kesehatan dan meningkatkan kualitas kehidupan manusia di seluruh dunia. Saya bangga dapat bekerja sama dengan tim Enterprise Singapore dalam membangun HealthTech Accelerator dan kantor pusat BlueChilli di Singapura yang merupakan salah satu dari pusat inovasi terkemuka dunia," jelasnya.

Baca Juga: Platform Pembiayaan UKM Singapura Ini Berhasil Galang Dana US$15,2 Juta

Dengan program HealthTech Accelerator, BlueChilli juga bergabung bersama inisiatif Startup SG Accelerator dari Enterprise Singapore dan merupakan perusahaan rintisan pertama khusus  HealthTech di Singapura. 

Wakil CEO dari Enterprise Singapore, Ted Tan, mengatakan kemitraan dengan BlueChilli adalah bukti akan kolaborasi kuat antara ekosistem inovasi Singapura dan Australia.

“Permintaan akan solusi kesehatan yang mudah diakses, terjangkau dan berkualitas meningkat dengat pesat baik di Singapura maupun di Asia, yang sebagian didorong oleh naiknya kemakmuran dan populasi yang bertambah tua,” ia mengatakan.

“Kemitraan dengan pihak ketiga seperti BlueChilli yang memiliki pengalaman dan keahlian yang dapat membantu perusahaan-perusahaan rintisan di Singapura mengembangkan dan mengkomersialisasi produk-produk yand menjawab kebutuhan pengguna secara global," tambahnya.

Dengan dukungan dari Enterprise Singapore, BlueChilli telah membangun jaringan kemitraan kesehatan dan inovasi terdepan dari Singapura dan Australia – termasuk CSIRO dan Galen Growth Asia – untuk menjadi bagian dari program. Lebih banyak lagi mitra-mitra, termasuk penyedia layanan kesehatan lokal, diharapkan untuk dapat bergabung.

Baca Juga: Gelar IPO 2023, Ini Persiapan Bank Muamalat

Penulis: Kumairoh
Editor: Kumairoh

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: