Donasi digital bertagar #KebaikanRamadhan, kerja sama antara mal online Blibli.com dan Kitabisa.com selama bulan puasa hingga Lebaran, berhasil menghimpun donasi hingga hampir Rp1 miliar.
Seluruh hasil tersebut diserahkan pada tiga lembaga swadaya masyarakat (LSM), yaitu Precious One, Yayasan Sayap Ibu Banten, dan Yayasan Pita Kuning.
"Donasi yang terkumpul baik melalui permainan Cut the Ketupat, membeli sembako atau donasi langsung melalui Blibli.com dan Kitabisa.com membuktikan perkembangan teknologi memberikan kemudahan bagi kita untuk berbagi pada sesama," ujar Kenny Japar, Project Manager Blibli.com #KebaikanRamadhan.
#KebaikanRamadhan adalah komitmen Blibli.com untuk mengembangkan budaya filantropi dengan memanfaatkan kekuatan sinergi ekosistem digital dalam memberikan manfaat serta kebaikan pada masyarakat luas.
Baca Juga: Pemesanan Tumbuh 2,5 Kali Lipat, Apa Rencana Blibli Selanjutnya?
"Blibli.com akan terus menyediakan sarana untuk berdonasi melalui platform digitalnya dan kami harap budaya positif masyarakat dalam berfilantropi digital terus berlanjut, tidak hanya saat Ramadan," tambahnya.
Program #KebaikanRamadhan dilaksanakan sejak 25 April 2019 hingga hari raya Idulfitri 1440 H pada 5 Juni 2019. Bentuk penggalangan donasi dilakukan dengan berbagai cara, yaitu membeli produk Precious One yang dijual di situs Blibli.com. Produk-produk ini dibuat kalangan disabilitas yang mengikuti program pemberdayaan serta penciptaan lapangan kerja yang dikelola oleh Precious One.
Donasi untuk kedua LSM lainnya, Yayasan Sayap Ibu Banten dan Yayasan Pita Kuning, dilakukan dengan membeli paket sembako yang dikemas khusus oleh Blibli.com dengan isi paket berdasarkan kebutuhan masing-masing LSM.
Baca Juga: Begini Cara Blibli Menyiapkan Pemimpin Masa Depan
Selain itu, penggalangan donasi juga dilakukan secara langsung dalam bentuk cash melalui situs Blibli.com dan Kitabisa.com. Pengguna Blibli.com juga berdonasi dengan menukarkan poin yang dikonversi menjadi dana tunai melalui permainan Cut the Ketupat.
"Donasi #KebaikanRamadhan ini unik karena memberikan sarana pada LSM untuk menjual produknya dan donasi dalam bentuk bahan pokok, sehingga lebih tepat guna dan tepat sasaran," ujar M Alfatih Timur, CEO dan Founder Kitabisa.com.
Sampai dengan penutupan program #KebaikanRamadhan, total donasi dari penukaran poin saja terkumpul hingga Rp430 juta. Jumlah ini kemudian dilipatgandakan oleh Blibli.com sebelum diserahkan ke tiga LSM yang bekerja sama. Ditambah dengan hasil dari donasi langsung di Blibli.com dan Kitabisa.com, serta donasi sembako, maka total donasi yang digalang mencapai Rp921.768.189.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Rosmayanti
Tag Terkait: