Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kembangkan Kuliner Bandung, Ralali Gelar Workshop Strategi Bisnis 'Food Truck'

Kembangkan Kuliner Bandung, Ralali Gelar Workshop Strategi Bisnis 'Food Truck' Ralali.com sebagai B2B marketplace hadir membantu usaha tersebut melalui Workshop Kuliner Ralali (WKR) “Strategi Membangun Bisnis Foodtruck”. Bertempat di Aula Utama Universitas Islam Bandung pada Minggu (30/6/2019). | Kredit Foto: Ralali.com
Warta Ekonomi, Bandung -

Kuliner kini tak sekadar hadir memenuhi kebutuhan dasar manusia, melainkan pengisi kegiatan bersantai dan gaya hidup. Tren ini lahir dari kreasi dan inovasi para pengusaha kuliner, yang berhasil membawa kuliner Indonesia menyumbang 41,40% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) pada 2016 (Data OPUS Bekraf).

Kreasi yang dimaksud salah satunya adalah food truck, yakni usaha kuliner dengan spot berupa kendaraan yang dihias menarik dan bisa berpindah ke beberapa tempat. Usaha ini potensial, karena membutuhkan modal relatif terjangkau dan punya mobilisasi untuk berpindah tempat berjualan mengunjungi target pasar yang diinginkan.

Baca Juga: Kembangkan Ekosistem UMKM, Ralali Berdayakan Pekerja Lepas

Konsep food truck ramai ditemui di Kota Bandung. Pelaku usaha di kota ini seakan tak pernah kehabisan ide kreasi dan pemasaran produk kuliner khasnya. Untuk mendukung perkembangan usaha ini, Ralali.com sebagai B2B marketplace hadir membantu usaha tersebut melalui Workshop Kuliner Ralali (WKR) “Strategi Membangun Bisnis Foodtruck”.

Bertempat di Aula Utama Universitas Islam Bandung pada akhir pekan kemarin, acara ini menjadi ajang berbagi wawasan, berjejaring, bahkan bertransaksi antar pelaku usaha food truck, pengusaha kuliner secara umum, juga peserta yang berniat terjun berbisnis kuliner.
WKR telah diadakan sebanyak 15 kali sejak Mei 2018 dan menginspirasi 1260 peserta dari kalangan pengusaha di berbagai kota.

Head of Marketing Ralali.com, Jessica Carla mengatakan, “Tren food truck menarik untuk iklim usaha kuliner kekinian. Dengan keunikannya, food truck bisa menjadi wadah efektif untuk memasarkan kuliner lokal."

Baca Juga: 50 Startup Kuliner Ini Lolos Ikuti Food Startup Indonesia 2019, Siapa Saja Mereka?

Menurutnya, usaha ini potensial untuk bertahan lama karena punya peluang akan terus dicari pelanggan karena keunikannya. Namun, salah satu tantangannya adalah mencari pihak yang bisa menyuplai kebutuhan bahan baku, peralatan dan manajemen bisnis hulu ke hilir.

"Kini dengan akses digital, tantangan ini menjadi dipersempit dengan kemudahan yang dihadirkan Ralali.com dalam melayani kebutuhan pelaku UMKM," tambah Jessica.

Selain itu, pelaku UMKM kuliner Kota Bandung dari kalangan food truck juga ikut berbagi wawasan di kegiatan ini, yakni Rizky Firyan selaku Owner of Waroeng Tansu dan Ketua Bdgfoodtruck, turut serta Ande Pramanda selaku Owner Sangu Ricebowl sekaligus Humas Bdgfoodtruck.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ning Rahayu
Editor: Kumairoh

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: