Catatkan 200 Ribu Mitra, Aplikasi Mitra Tokopedia Luncurkan Fitur Baru
Tokopedia mencatatkan lebih dari 200 ribu kitra terdaftar dalam aplikasi Mitra Tokopedia. Aplikasi berukuran 2 MB yang diluncurkan pada November 2018 itu menawarkan fitur tambahan untuk menjual produk digital, seperti paket data, token listrik, BPJS, kupon game dan sebagainya.
Mitra Tokopedia menawarkan dua jenis layanan, yakni penjualan grosir dan produk digital. Layanan penjualan produk digital telah tersedia di ratusan kota dan kabupaten di Indonesia. Sementar layanan penjualan grosir dapat dinikmati di 17 kota, meliputi: Bekasi, Tangerang, Bandung, Yogyakarta, Medan, Bogor, Palembang, Surabaya, Denpasar, Semarang, Banda Aceh, Cirebon, Bandar Lampung, Solo, Malang, Pekanbaru, dan Sukabumi.
Baca Juga: Kerja Sama Umrah Digital dengan Arab Saudi, Pemerintah Gandeng Tokopedia dan Traveloka
“Sejak peluncuran Mitra Tokopedia, komitmen kami untuk mempermudah para pemain ritel tradisional dalam mengembangkan usaha mereka terus kami jalankan. Kemajuan teknologi telah mendorong perdagangan online sehingga berjualan produk digital menjadi lebih mudah, cepat, dan efisien," jelas Business Head of New Retail Tokopedia, Adi Putra dalam keterangan resminya, Rabu (10/7/2019).
Mitra Tokopedia bertujuan mempermudah semua orang dalam memulai dan mengembangkan usaha, khususnya para pemilik usaha kecil, baik toko kelontong, warung, kios, usaha individu atau sejenisnya. Melalui aplikasi tersebut, Tokopedia menjembatani dunia ritel daring dan luring untuk mitra-mitra dari berbagai kota di Indonesia.
Baca Juga: Mau Seperti Go-Jek hingga Tokopedia? Merek Harus Maksimalkan Iklan Outdoor
Adi menambahkan, "Dalam rangka memperkaya layanan Mitra Tokopedia, kami menghadirkan tiga fitur terbaru yaitu Tempo, Cash on Delivery (COD), dan Poin Hadiah. Kami berharap Mitra Tokopedia dapat mendorong para pemain ritel tradisional untuk berkontribusi lebih terhadap perekonomian Indonesia di era digital, sehingga bersama-sama kita bisa mencapai misi pemerataan ekonomi secara digital.”
Deretan fitur itu meliputi: Tempo, Cash on Delivery (COD), dan Poin Hadiah. Fitur Tempo pada memungkinkan mitra Tokopedia membeli barang grosir dengan pembayaran di belakang, dengan jangka waktu hingga 10 hari. Fitur tersebut diharapkan dapat mempermudah para pengguna mengisi stok barang kapan saja dengan modal minim.
Pengguna akan mendapatkan tagihan atas pemakaian Tempo di pekan ini pada hari Senin minggu berikutnya, yang bisa dibayarkan paling lambat hari Rabu pada pekan yang sama dengan saat tagihan diterbitkan. Saat ini, fitur Tempo dapat digunakan oleh pengguna berdomisili di Kota Bekasi dan segera tersedia di kota-kota lainnya di Indonesia.
Baca Juga: Ketimbang Ekspansi Luar Negeri, Tokopedia Lebih Pilih Inovasi
Selain fitur Tempo, layanan Mitra Tokopedia juga diperkaya dengan fitur Cash on Delivery (COD) atau pembayaran di tempat, serta Poin Hadiah. FiturCash on Delivery (COD) atau pembayaran di tempat memungkinkan Mitra untuk melakukan pembayaran tunai pada saat barang diterima. Saat ini, metode pembayaran di tempat tersedia di 13 kota termasuk Bekasi, Bogor, Bandung, Tangerang, Medan, Palembang, Banda Aceh, Bandar Lampung, Yogyakarta, Cirebon, Semarang, Solo dan Malang.
Sementara, melalui Poin Hadiah pengguna Mitra Tokopedia bisa mendapatkan Poin Hadiah untuk setiap transaksi Digital dan Grosir dan ditukarkan dengan hadiah yang ada di katalog Poin Hadiah.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Tanayastri Dini Isna
Editor: Kumairoh