Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

4 Ide Bisnis Digital Ini Perlu Dicoba

4 Ide Bisnis Digital Ini Perlu Dicoba Kredit Foto: Unsplash/Brooke Lark
Warta Ekonomi, Jakarta -

Belakangan bisnis digital menjadi tren usaha yang paling banyak digandrungi para pengusaha, terutama pengusaha muda atau pemula. Hal itu ditunjang dengan penggunaan internet yang cukup masif dan meningkat setiap harinya. Tentu hal inilah yang membuat para pengusaha tertarik dan melihat peluang yang besar.

Jika Anda juga melihat peluang yang sama, empat ide bisnis digital yang dilansir dari dbs.com ini bisa menjadi sumber inspirasi. 

1. Transportasi Online, Bepergian Jadi Lebih Mudah

Memang tak bisa dipungkiri, bisnis digital yang satu ini dinilai solutif dalam membantu masyarakat untuk mengarungi kemacetan kota-kota besar Indonesia saat ini.

Dibandingkan dengan sistem transportasi konvensional, transportasi online lebih disukai konsumen karena kemudahannya. Menurut konsultan ternama, Jiten Kachhela, kesuksesan aplikasi atau website saat ini dinilai dari cara bekerjanya yang hanya satu tindakan per layar dengan sedikit pilihan.

Kendaraan transportasi online tentu dapat dipesan dengan satu sentuhan pada aplikasi smartphone, sehingga konsumen tidak perlu repot-repot mencarinya di pinggir jalan saat matahari terik ataupun hujan. Tidak hanya itu, konsumen pun merasa lebih aman dalam perjalanan karena informasi rute dan data pengemudi dapat dibagikan kepada kerabat mereka.

Baca Juga: Jangan Bingung! Begini Cara Sederhana Tentukan Nama Merek untuk Bisnismu

Kunci kesuksesan dari bisnis digital transportasi online terletak pada kemudahan konsumen. Temukan celah apa yang bisa dijadikan peluang bisnis inovatif dengan bekerja sama dengan transportasi online yang sudah ada.

2. E-Commerce, Belanja itu Mudah

Sudah tidak zamannya lagi belanja yang menghabiskan banyak waktu. Terlebih harus menempuh kemacetan kota untuk sampai ke tempat berbelanja. Dengan e-commerce, para shoppers dimanjakan oleh kemudahan berbelanja yang cepat dari mana saja.

Bagaimana tidak? Hanya dengan menginstal aplikasinya pada smartphone, konsumen sudah dapat mencari berbagai macam keperluan yang dibutuhkan. Mulai dari pakaian, barang bekas hingga tiket pesawat, semuanya bisa didapatkan dengan mudah. Hal ini tentu menguntungkan bagi Anda karena sekarang ini banyak masyarakat, yang tidak memiliki banyak waktu, membutuhkan barang dengan cepat.

Untuk memulai bisnis digital ini, Anda bisa menentukan jenis e-commerce sesuai dengan target pasar yang dituju. Jangan lupa melengkapinya dengan aplikasi user friendly untuk memilih barang agar tidak menyulitkan pengguna dengan mengomptimalkan fungsi aplikasi yang lebih fleksibel untuk digunakan.

3. Digital Agency, Membantu Bisnis Go Online

Sudah bukan rahasia lagi, untuk menjangkau target pasar secara online diperlukan strategi khusus bagi suatu brand. Namun, dibutuhkan waktu yang tidak singkat untuk melakukannya. Dalam hal ini, digital agency bisa menjadi solusi tepat dalam pemasaran .

Ada macam-macam solusi yang ditawarkan digital agency untuk memasarkan produk agar selalu teringat dalam benak konsumen, salah satunya dengan media sosial. Dengan mempelajari target pasar, platform tersebut akan diisi dengan konten-konten yang sesuai. Walaupun jalannya terasa cukup panjang, bisnis yang satu ini memiliki peluang cukup baik.

Untuk memulainya, Anda bisa mempelajari konsep marketing terlebih dahulu. Setelah sudah cukup paham, tentukan tujuan Anda dan tetap fokus untuk mencapai kesuksesan dan jangan lupa untuk selalu membuka diri dengan mempelajari ilmu-ilmu baru. Salah satunya, dengan mempelajari data pelanggan Anda agar lebih memahami untuk bertindak nantinya. Pastikan Anda untuk terus mencari tahu data terkini agar tetap dapat terus meningkatkan kinerja dan performa.

Baca Juga: Lika-Liku Hidup Ruben Onsu, dari Sengsara Kini Raja Bisnis Kuliner Indonesia

4. Digital Media Startup, Hiburan di Era Informatika

Jika Anda tertarik untuk memulai bisnis yang lebih kreatif lagi, mungkin digital media bisa menjadi jawabannya.

Lupakan soal kakunya editorial, ada banyak kreativitas yang bisa Anda bagi melalui bisnis digital ini. Misalnya, memberikan konten berupa informasi unik yang menghibur bagi banyak orang. Hadirkan konten-konten yang ringan, tapi tetap memiliki nilai tersendiri lewat platform internet yang mudah untuk dilihat dan dibagikan, salah satunya menggunakan video atau tulisan.

Jangan lupa untuk mengolahnya dengan kreatif agar tetap menarik dan tidak membuat bosan untuk disimak bersama dengan orang-orang bertalenta pilihan Anda.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ning Rahayu
Editor: Rosmayanti

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: