Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Facebook Laju Digital Jangkau 12 Ribu Peserta di 16 Kota Indonesia

Facebook Laju Digital Jangkau 12 Ribu Peserta di 16 Kota Indonesia Kredit Foto: Facebook
Warta Ekonomi, Jakarta -

Facebook mengakhiri rangkaian program Facebook Laju Digital untuk wilayah Indonesia Timur pada Kamis (10/10/2019) lalu di Mataram. Mataram menjadi kota ke-9 di Indonesia Timur dan kota ke-16 dari seluruh rangkaian program Laju Digital di Indonesia.

Sejak September 2018, Facebook, melalui kampanye Facebook Laju Digital, telah memberikan keterampilan digital dan pelatihan bagi pelaku usaha kecil dan menengah (UKM), komunitas, instansi pemerintah, dan pelajar di sembilan kota di Indonesia Timur dan tujuh kota di Indonesia Barat.

Ruben Hattari, Kepala Kebijakan Publik Facebook Indonesia, berkata, "Kami di Facebook berkomitmen membantu pemerintah, pelaku usaha kecil dan menengah, komunitas, serta generasi muda di seluruh Indonesia dari Barat hingga Timur."

Baca Juga: Internet 1O1, Kolaborasi Indosat Ooredoo dan Facebook

Kampanye Facebook Laju Digital akan memperluas dan meningkatkan keterampilan digital bagi:

Pencari kerja, pelatihan dari Facebook membantu masyarakat meningkatkan keterampilan dalam optimalisasi pemakaian media sosial. Facebook menyadari keterampilan digital dan media sosial menjadi pertimbangan penting mereka saat akan mempekerjakan karyawan baru. Faktor ini disebut lebih penting dibandingkan latar belakang pendidikan dari pelamar kerja.

Pelaku UKM, pelatihan ini membantu wirausaha menjangkau pelanggan baru dan mengembangkan bisnis mereka. Beragam fitur yang Facebook hadirkan diharapkan membantu para pelaku UKM untuk menarik pelanggan. WhatsApp dan Instagram juga telah banyak membantu para pelaku UKM mengembangkan bisnis mereka.

Instansi pemerintah, pelatihan ini membahas berbagai fitur dan strategi di Facebook, disertai dengan contoh-contoh dan praktik terbaik penggunaan media sosial bagi pemerintah dalam hubungan mereka dengan masyarakat.

Komunitas, pelatihan ini memaparkan tahapan-tahapan bagi organisasi nirlaba untuk membangun komunitasnya melalui media sosial, serta tentang alat kreatif yang dapat membantu komunitas dalam langkah-langkah advokasi untuk menarik masyarakat.

Pelajar tingkat SMA/SMK, pelatihan ini membekali peserta dengan keterampilan berpikir kritis dan empati untuk meningkatkan literasi digital generasi muda dalam menghadapi era digital. Sejak 2016, program literasi digital Facebook telah menjangkau lebih dari 11.000 siswa dan 100 komunitas di kota-kota besar di Indonesia.

Baca Juga: Bilang di Facebook Wiranto Pantas Digantung, ASN di Riau Diciduk Polisi

Sampai dengan pertengahan 2019, kampanye Facebook Laju Digital telah memberikan pelatihan bagi lebih dari 12.000 peserta di 16 kota di seluruh Indonesia.

Facebook Laju Digital merupakan hasil kerja sama Facebook dengan Kantor Staf Presiden, Kemenkominfo, Kemendikbud, Kemenkop-UKM, Relawan TIK, Siberkreasi, Center for Digital Society (CfDS) Universitas Gadjah Mada. Facebook juga menggandeng YCAB Foundation untuk menghadirkan pelatihan bagi pelajar tingkat SMA/SMK di empat kota di Indonesia Timur sepanjang tahun ini.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: