Telkomsel mencatat sepanjang tahun 2019, sebanyak 96 persen pengguna internet sudah menggunakan mobile banking, 95 persen menggunanakan pembayaran elektronik dan 83 persen berbelanja secara online.
Vice Presindent (VP) Consumer Sales Area Jabotabek Jabar Telkomsel, Tuty Rahma Afriza mengatakan banyaknya penggunaan layanan digital oleh pelanggan telekomunikasi, tidak terlepas dari semakin meningkatnya jumlah pengguna intenet di Indonesia.
"Periode Januari 2018-Januari 2019 jumlah pengguna internet Indonesia tumbuh 13 persen atau sebanyak 17 juta pengguna," katanya kepada wartawan, Senin (25/11/2019).
Baca Juga: Dari Ahok, Wamen BUMN hingga Bos Telkomsel. Ini Formasi Terbaru Pertamina Era Erick Thohir
Baca Juga: Dukung Peningkatan Ekonomi, Telkomsel Roadshow Patriot Desa Digital Hingga Kota Medan
Dia mengungkapkan untuk jumlah pengguna media sosial, tumbuh 15 persen atau sebanyak 20 juta pengguna dan pengguna media sosial secara mobile tumbuh 8,3 persen atau sekitar 10 juta pengguna.
Bahkan, setiap bulannya 96 persen pengguna internet melalui telepon seluler mengakses layanan pesan instan dan data. Selain itu, sebanyak 95 persen mengakses video, 83 persen games, 61 persen mobile banking, dan 89 persen layanan peta mobile, seperti Google Map.
"Pergeseran konsumen ke arah digital sudah semakin masif. Kebutuhan mereka akan layanan dan aplikasi digital juga semakin beragam," ujarnya.
Ke depan, Telkomsel memiliki fokus pada Customer Centric yang sebelumnya menjalankan Network Centric. Artinya, fokus pada customer yang terdiri dari family, adult, youth, dan lainnya.
“2020 kami bertransformasi dari fokus pada jaringan menjadi customer. Telkomsel juga akan memberikan apa yang menjadi keinginan dan kebutuhan dari pelanggan Telekomunikasi di seluruh Indonesia," pungkasnya.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Rahmat Saepulloh
Editor: Vicky Fadil
Tag Terkait: