Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pengamat Ungkap Cara Agar Operator Telekomunikasi Bertahan di Era Disrupsi

Pengamat Ungkap Cara Agar Operator Telekomunikasi Bertahan di Era Disrupsi Kredit Foto: Unsplash/Rawpixel
Warta Ekonomi, Jakarta -

Era disrupsi hampir memengaruhi seluruh lini sektor perekonomian digital. Bagi industri telekomunikasi, beberapa langkah mesti dilakukan guna tetap bertahan di era disrupsi.

"Disrupsi tidak bisa dihindari dan harus dihadapi operator telekomunikasi. Supaya tetap bertahan dan bertumbuh, operator telekomunikasi perlu melakukan transformasi yang bertumpu pada tiga aspek, yakni merumuskan kembali visi dan kepemimpinan, inovasi dan adopsi teknologi baru, serta transformasi organisasi dan budaya digital," ujar Direktur Eksekutif ICT Institute Heru Sutadi di Balai Kartini, Rabu (5/2/2020).

Pengamat Telekomunikasi Nonot Harsono mengungkapkan, transformasi digital bagi operator telekomunikasi lebih dari sekadar menjalankan bisnis dengan teknologi digital karena memerlukan adaptasi proses, sistem, dan budaya organisasi.

Baca Juga: Hadapi Era Disrupsi, Puluhan Ahli Akan Kumpul di Forum Ini

Operator telekomunikasi perlu melakukan transformasi bisnis inti agar menjadi trusted partner dalam ekosistem digital.

"Transformasi operator telekomunikasi harus dimulai dengan perubahan mindset, transformasi dari layanan konvensional menjadi solusi digital, serta efisiensi organisasi yang berfokus menjawab kebutuhan pelanggan secara spesifik, dan bertindak secara lebih cepat," kata Nonot di Balai Kartini, Rabu (5/2/2020).

Menurut Heru, disrupsi mendorong semakin tingginya adopsi digital di seluruh segmen pelanggan. Disrupsi dapat menjadi ancaman yang cukup berat, namun juga membuka peluang bagi operator telekomunikasi untuk mempercepat transformasi yang berfokus pada penyediaan layanan digital bagi konsumen dan pelaku bisnis.

Baca Juga: FPG Indonesia Beberkan Tantangan Dunia Periklanan di Era Disrupsi

Kendati demikian, transformasi tersebut sangat bergantung pada kemampuan operator telekomunikasi dalam merespons perubahan.

"Perusahaan telekomunikasi harus lebih fokus menyediakan layanan-layanan yang simpel dan mudah digunakan memanfaatkan teknologi digital," pungkasnya.

Baca Juga: Antisipasi Penipuan Berkedok Investasi, OJK Perkuat Literasi Keuangan ke UMKM dan Ibu Rumah Tangga

Penulis: Bernadinus Adi Pramudita
Editor: Rosmayanti

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel:

WE Academy

Aspek Hukum Perkreditan & Administrasi Kredit

Aspek Hukum Perkreditan & Administrasi Kredit

Lihat Semua