Marketition 2020: Hadirkan Inovasi dan Strategi Pemasaran di Era Disruptif
Universitas Prasetiya Mulya, kampus Bisnis dan Ekonomi, kembali menyelenggarakan kompetisi Marketition di tahun 2020. Kompetisi yang dihelat ini sejalan dengan peran dan inovasi yang perlu dipahamai oleh para calon wirausahawan muda. Diketahui, proses merancang sebuah model bisnis kreatif tidak hanya sekadar meningkatkan profitabilitas, tetapi juga mempertimbangkan dampak positif yang berkesinambungan kepada masyarakat.
Dalam penyelenggaraan kompetisi yang dilangsungkan pada 18 Februari 2020, Universitas Prasetiya Mulya melalui Magister Manajemen Sekolah Bisnis dan Ekonomi berkolaborasi bersama PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPM Group) sebagai case provider. Dalam hal ini, para peserta diberikan studi kasus untuk membedah serta memberikan strategi dan inovasi anak usaha MPM Group, yakni Bidbox.
Baca Juga: Jadi Profesi Paling Dicari, Pintaria Beri Beasiswa Siapkan Full Stack Developer Andal
Sebagai informasi, Bidbox merupakan perusahaan smart mobility Indonesia di bidang otomotif. Bidbox hadir sebagai sebuah inovasi pembelian dan proses kepemilikan mobil yang berorientasi pada kebutuhan masing-masing konsumen. Di Bidbox dapat melakukan pembelian mobil baru dengan komparasi opsi cicilan dari beragam mitra pembayaran (financing). Selain itu, juga dapat melihat status persetujuan pembiayaan, pengiriman unit, serta history pembayaran cicilan mobil.
Faculty Member Prasetiya Mulya, Prof Andreas Budiharjo, yang menjadi juri dalam ajang tersebut mengatakan, adanya kompetisi Marketition 2020 sejalan dengan visi Universitas Prasetiya Mulya sebagai penggerak dalam pemajuan ilmu pengetahuan, pembentukan, dan sains terapan untuk kemajuan dan kesejahteraan Indonesia.
Beberapa Tim yang mengikuti Marketition 2020 berasal dari Perguruan Tinggi: PPM School of Management, Binus University, Universitas Tarumanegara, IPMI International Business School, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Bandung, dan tuan rumah Universitas Prasetiya Mulya.
"Program dari Prasetya Mulya ini mengundang para mahasiswa sekolah bisnis se-Indonesia untuk mengikuti suatu kompetisi. Mereka diberi kasus oleh MPM Group dalam kasus Bidbox dan akan menganalisis serta mempresentasikan di depan para juri dari perusahaan dan juga akademisi," jelas Andreas Budiharjo di Universitas Prasetiya Mulya, Jakarta.
Dirinya kembali melanjutkan, setiap perusahaan pasti menghadapi tantangan di era disruptif seperti sekarang ini. Di mana tantangan tersebut utamanya adalah menyesuaikan pasar terhadap milenial serta menyesuaikan penerapan teknologi yang terus berkembang.
"Sekarang ini adalah era dari platform dan persaingan informasi bebas dan Bidbox merupakan perusahaan edukatif dan bagus. Karena Bidbox memberikan layanan melalui online yang sudah bisa bertransaksi terutama sasarannya mereka yang berusia sekitar 25 tahun sampai sekitar 30 tahun. Milenial akan melihat dan memilih teknologi yang seperti ini dibandingkan harus datang dari satu showroom ke showroom lain untuk membeli sebuah mobil," tutur Andreas.
Terkait mekanisme penilaian di Marketition 2020, para tim peserta akan dilihat dari bagaimana mereka mampu menganalisa studi kasus, kecakapan presentasi, analisis finance, analisis marketing, kekompakan tim, serta inovasi apa yang dihadirkan terkait adanya disruptif dewasa ini.
"Bisa diartikan, para peserta diajak sebagai konsultan sehingga ketika sudah lulus, mereka bisa mempraktikkannya. Harapan kami, mereka bisa belajar banyak dari menganalisis kasus itu, dari pertanyaan para juri. Diharapkan juga mereka dapat banyak belajar dan kemudian mereka bisa kembangkan," papar Andreas Budiharjo.
Arifan Rachman selaku GM Organization & People Development MPM Group mengatakan, Bidbox merupakan perusahaan baru yang belum begitu dikenal oleh masyarakat luas. Dari kompetisi Marketition 2020, para tim peserta mencoba membantu Bidbox agar lebih bisa inovatif dan dikenal masyarakat. Tak hanya itu, diharapkan juga dapat melahirkan bisnis model yang bisa diterima masyarakat.
"Disrupsi teknologi terjadi di mana-mana dan itu adalah tantangan buat berbagai macam perusahaan untuk inovasi terus. Sama seperti MPM melalui Bidbox, kita mencari cara baru untuk bisa memasarkan produk dan services kita yaitu dengan memaksimalkan potensi milenial tadi dan memaksimalkan teknologi," pungkasnya.
Berikut daftar tim peserta dan asal kampus yang menjadi juara Marketition 2020 yang diselenggarakan Selasa, (18 Februari 2020).
• Juara 1: Amero Uno (PPM School of Management)
• Juara 2: Energized from Synergized (IPMI International Business School)
• Juara 3: Racehorses (Institut Teknologi Bandung)
Best social media campaign: Fighter (Binus University)
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Puri Mei Setyaningrum