Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Dihantam Pandemi Covid-19, Ini Strategi Mustika Ratu Pertahankan Bisnis

Dihantam Pandemi Covid-19, Ini Strategi Mustika Ratu Pertahankan Bisnis Kredit Foto: WE
Warta Ekonomi, Jakarta -

Dampak pandemi COVID-19 atau virus corona ini telah membuat banyak perusahaan dari berbagai sektor mengalami kerugian besar, bahkan tidak sedikit yang menghentikan kegiatan usahanya hingga berdampak PHK yang mengakibatkan banyak karyawan kehilangan pekerjaan. Dengan kondisi seperti ini, perusahaan harus berpikir agar usahanya dapat bertahan di tengah pandemi saat ini. Berbagai cara dilakukan agar perusahaan tetap bisa bertahan.

Perusahaan ibarat sebuah kapal besar yang sedang berlayar di lautan luas yang dihempas oleh badai dan gelombang besar.  Untuk memastikan agar kapal dapat terus berlayar dan sampai tujuan dibutuhkan nahkoda yang tangguh, handal dan tenang, sehingga dapat mengambil langkah yang tepat dan berpikir lebih kreatif lagi untuk mengambil keputusan dan membuat strategi yang tepat. Juga diperlukan crew yang militan yang bergerak sinergis dalam proses kerja yang terintegrasi.  

Seperti yang disampaikan oleh Presiden Direktur PT. Mustika Ratu Tbk. Bingar Egidius Situmorang, Mustika Ratu memiliki tiga kunci untuk dapat bertransformasi secara cepat dan tepat yaitu melalui Adopt the situations, Adapt to New Normal, being Adept with the Next Normal with agile transformation.

Ia menjelaskan, Mustika Ratu harus cepat beradaptasi dalam kondisi pandemi saat ini dengan mengambil langkah; meluncurkan produk kesehatan / hygiene (hand gel sanitizer, hand & body sanitizer spray), mengkampanyekan perlunya juga menggunakan mouth/dental care yang mengandung antiseptic alami seperti Daun Sirih yang sangat dibutuhkan untuk selalu higienis pada kondisi pandemi saat ini; meluncurkan Jejamu by Mustika Ratu, yang mengandung seri paket Imun Optimizer yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah virus selain produk-produk Jejamu yang sudah terlebih dahulu tersedia (ready to drink jamu, wedang jamu); melakukan telesales, membuat platform reseller online, memaksimalkan semua platform E-Commerce; dan melakukan strategi marketing yang kreatif dan tentunya konsisten melakukan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) kepada masyarakat yang membutuhkan.

"Memang tidak mudah untuk melakukan terobosan terobosan disaat pandemi saat ini, namun hal ini harus tetap dilakukan dengan melihat peluang yang ada melalui kerja keras dengan mengoptimalkan sumber daya manusia dan teknologi yang dapat bekerja dengan cepat dan tepat, termasuk team Business Development & Innovation yang handal,” papar Egidius saat menjadi pembicara pada acara Webinar yang berjudul 3 Mantras for the Future, ADOPT-ADAPT-ADEPT yang diselenggarakan oleh Asture Solutions beberapa waktu lalu melalui aplikasi Zoom yang diikuti oleh berbagai kalangan.

Webinar yang dibuka oleh Millian Ikhsan dari Asture Solutions dan dimoderatori oleh Eddi Sutanto selaku Managing Partner Asture Solutions membahas tentang bagaimana menyiasati situasi pandemi COVID-19, beradaptasi dan menangkap peluang yang ada.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Sufri Yuliardi
Editor: Sufri Yuliardi

Bagikan Artikel: