Sebagai pembeli maupun pengguna barang dan jasa, layanan pelanggan merupakan roda utama penggerak bisnis apa pun sektornya. Pelanggan pun merupakan salah satu kunci penting keberlangsungan sebuah usaha, serta kuatnya sebuah jenama. Oleh karenanya, pelayanan terbaik mutlak diberikan kepada para pelanggan.
Baca Juga: Di Hari Pelanggan, Asuransi Sinar Mas Gelar Seminar Kesehatan
Baca Juga: Demi Kepuasan Pelanggan, Brand Sepatu Lokal Berani Tawarkan Ini
Kualitas pelayanan inilah yang terus dijaga, dipertahankan, dan ditingkatkan oleh Bhinneka.Com, pionir e-commerce Indonesia yang telah hadir lebih dari 27 tahun, dan kini telah bertransformasi menjadi super ekosistem untuk bisnis yang melayani UMKM, korporasi, hingga lembaga pemerintah di Tanah Air.
Bertepatan Dengan peringatan Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas) yang jatuh di tanggal 4 September lalu, Bhinneka.Com memberikan program apresiasi sebulan penuh kepada pelanggan, berupa free ongkir hingga 3 kilogram dan meluncurkan layanan jemput perangkat pelanggan untuk perbaikan selama setahun hanya Rp100.000. Hal ini didorong oleh situasi penyebaran Covid-19 yang masih meningkat tiap harinya, dan keselamatan pelanggan lebih penting dengan tidak mengurangi kualitas pelayanan.
Melayani dari hati menjadi kunci kualitas pelayanan yang prima dalam membangun ke-percayaan pelanggan, memberi rasa tenang dan membuat mereka selalu kembali menggunakan layanan kami. Mulai pembeli retail, perusahaan sebagai klien pengadaan, begitu pula lembaga pemerintah. Konsistensi pengalaman pelanggan inilah yang kami terapkan di jaringan omni channel (O2O) kami.
Astrid Warsito, Head of Corporate Communications, Bhinneka.Com, menjelaskan, bagi perusahaan ini, setiap hari adalah Harinya Pelanggan Bhinneka.Com. Faktor keselamatan dan kenyamanan pelanggan menjadi prioritas kami selama masa pandemi ini. Maka E-commerce se-bagai motor terdepan di masa pandemi ini, Bhinneka.Com memberi gratis ongkir untuk se-luruh produk, mulai dari kebutuhan sehari-hari hingga kebutuhan operasional perusahaan.
"Sementara itu, paket layanan jemput perangkat untuk perbaikan kami luncurkan untuk pelanggan dari kalangan pebisnis, professional dan pelajar/mahasiswa yang masih sebagian masih bekerja dan belajar dari rumah. Inisiatif ini untuk meminimalisir pergerakan orang-orang dan menekan penyebaran Covid-19," jelas Astrid, Minggu (6/9/2020).
Program apresiasi gratis ongkos kirim ini sekaligus momen untuk memperkenalkan layanan pengiriman milik Bhinneka.Com sendiri, yakni Bhinneka Express yang fokus melayani titik-titik konsentrasi pelanggan di Jadetabek. Paralel, gratis ongkos kirim hingga tiga kilogram ini juga bertujuan mendukung inisiatif #BangkitLagi bagi UMKM, bagian dari gerakan na-sional #BanggaBuatanIndonesia (BBI). Hal ini mengingat produk UMKM, termasuk yang ada di platform www.bhinneka.com didominasi produk bahan pangan dan olahannya, serta produk kerajinan.
Keterangan gratis ongkos kirim bisa dilihat para pelanggan di laman proses transaksi. Apa-bila terjadi kendala atau membutuhkan informasi lebih lanjut, layanan Customer Engage-ment Bhinneka.Com siap dihubungi di 021-29292828, WhatsApp 082112529122, atau kanal-kanal media sosial pada hari dan jam kerja.
Di sisi lain, beberapa layanan omni channel Bhinneka.Com memang terpengaruh oleh situasi pandemi. Bhinneka Store, salah satunya. Layanan toko fisik di beberapa kota terpaksa terhenti mengikuti ketentuan. Para pelanggan pun diarahkan untuk berbelanja secara daring langsung di situs, maupun dibantu Sales Team. Kendati demikian, layanan Bhinneka Warehouse (gudang), dan Delivery (pengiriman) tetap berjalan maksimal sesuai protokol kesehatan yang ketat.
Begitu pula dengan layanan Bhinneka Service Center, pusat layanan purnajual resmi Bhinneka.Com. Tunduk pada ketentuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) DKI Jakar-ta, Bhinneka Service Center memberlakukan penjemputan perangkat yang akan diperbaiki. Layanan ini dapat dinikmati para pelanggan selama setahun, hanya dengan biaya Rp100.000! Produk yang dilayani adalah notebook, Desktop PC, All-In-One, Printer A4, dan gadget.
Sebelum PSBB, toko-toko fisik Bhinneka menjadi pickup/drop point barang-barang yang akan diperbaiki. Layanan jemput barang yang telah berjalan sebelumnya, ditingkatkan demi mengakomodasi kebutuhan pelanggan baik yang bekerja atau belajar di rumah.
"Hanya membayar Rp100.000, tim Bhinneka Service Center pada Harpelnas telah menjemput perangkat, kemudian mengantarkannya kembali setelah diperbaiki dan berlaku selama setahun,” tutup Astrid.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Vicky Fadil