Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Cara Mudah Menggunakan Google Analytics

Cara Mudah Menggunakan Google Analytics Kredit Foto: Unsplash/Campaign Creators
Warta Ekonomi, Jakarta -

Jumlah pengguna internet secara global yang terus bertambah dari tahun ke tahun mengakibatkan perubahan sifat pelanggan yang lebih menghabiskan banyak waktu untuk meneliti dan membeli secara online sehingga banyak perusahaan mulai beralih ke metode pemasaran digital.

Bagi bisnis online, situs web merupakan inti dari semua aktivitas pemasaran digital. Tapi, bagaimana bisa tahu apakah situs web Anda dapat menarik orang yang tepat? Bagaimana Anda tahu jika media sosial dan kampanye Pay-Per-Click (PPC) bisa mengarahkan trafick yang cukup ke situs web? Google Analytics dapat menjawab semua pertanyaan tadi.

Setiap pemasar yang ingin memperkuat strategi pemasaran perlu mengetahui cara terbaik dalam memanfaatkan semua data yang tersedia di dalam Google Analytics. Anda bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk mendapatkan semua informasi yang diperlukan melalui platform ini. Tanpa menganalisis trafik situs web, Anda akan sulit untuk menilai keefektian strategi pemasaran yang telah dijalankan sehingga dapat mengetahui kapan saatnya mengubah strategi jika diperlukan.

Baca Juga: Memahami Lebih Dalam Manfaat dari Digital Marketing

Jika dimanfaatkan dengan benar, Google Analytics dapat memberikan informasi berharga tentang siapa saja yang telah mengunjungi situs web Anda, bagaimana mereka bisa berada di sana, dan halaman mana yang paling sering mereka kunjungi. Google Analytics memiliki peranan yang besar bagi digital marketing. Oleh karena itu, simak penjelasan berikut seputar Google Analytics.

Apa Itu Google Analytics?

Google Analytics merupakan sebuah alat bantu pemasaran yang dapat mengumpulkan, mengukur, serta menganalisis semua data yang berkaitan dengan informasi pemasaran di situs web secara kualitatif dan kuantitatif. Google Analytics adalah bagian dari Google Marketing Platform (GMP), yaitu sistem terpadu untuk semua kebutuhan periklanan, pengumpulan data, dan pelaporan hasil. 

Google Analytics menyediakan alat analisis untuk pengoptimalan mesin pencari (SEO) yang berdampak langsung pada pemasaran digital. Layanan ini dapat diakses secara gratis dan tersedia bagi siapa saja yang memiliki akun Google. Fitur yang terdapat di Google Analytics meliputi:

• Alat visualisasi data termasuk dashboard, kartu skor, dan grafik yang menampilkan perubahan data dari waktu ke waktu.

• Analisis untuk konversi.

Custom report.

• Komunikasi berbasis email.

• Integrasi dengan produk Google lainnya, seperti AdWords, Public Data Explorer, dan Website Optimizer.

Misalnya, Anda memiliki toko e-commerce dan ingin mengetahui berapa banyak pengguna yang telah mengunjungi situs. Dengan bantuan Google Analytics, Anda dapat melihat berapa jumlah pengunjung situs, dari mana mereka berasal, perangkat mana yang mereka gunakan, dan masih banyak lagi.

Google Analytics terintegrasi dengan layanan Google lainnya, dan jika Anda menggunakan layanan berbasis Google lainnya untuk pemasaran, Google Analytics akan sangat penting untuk melacak kinerjanya. Hanya dengan sebuah data web inilah Anda dapat meningkatkan return of investment pada situs bisnis.

Dalam setiap strategi pemasaran digital, data memainkan peranan yang penting. Sehingga, memiliki alat bantu yang tepat pada saat melakukan sebuah upaya pemasaran dapat membuat Anda mendapatkan hasil yang diinginkan.

Google Analytics adalah alat bantu yang ampuh untuk bisnis online apa pun. Melalui penggunaan Google Analytics, Anda dapat menemukan banyak sekali data tentang situs web Anda yang dapat digunakan untuk meningkatkan strategi pemasaran dan pengembangan bisnis.

Halaman:

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Patrick Trusto Jati Wibowo
Editor: Rosmayanti

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: