Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Cara Gunakan SEMrush, Alat untuk Optimalkan SEO

Cara Gunakan SEMrush, Alat untuk Optimalkan SEO Kredit Foto: Unplash/Campaign Creators
Warta Ekonomi, Jakarta -

Para pemasar digital memiliki tantangan untuk bisa melakukan analisis strategi, pembuatan konten, pengoptimalan situs, distribusi, dan mengukur performa pemasaran bisnis mereka. Semua ini membutuhkan banyak waktu dan sumber daya tambahan.

Tapi, apakah Anda bisa membuat konten lebih cepat dan lebih efisien tanpa memerlukan banyak sumber daya dan waktu yang terpakai? Tentu saja bisa berkat sebuah alat canggih yang bermanfaat di era digital saat ini. Alat pemasaran digital SEMrush menyediakan berbagai solusi untuk mengembangkan strategi konten yang sukses sehingga dapat menarik banyak pengunjung situs.

Apa Itu SEMrush?

SEMrush adalah sebuah software yang didirikan oleh Oleg Shchegolev dan Dmitry Melnikov pada 2008. Software ini membantu mengoptimalkan situs web perusahaan terhadap mesin pencari serta membantu perusahaan menjalankan kampanye pemasaran digital seperti melakukan kampanye SEO, PPC (bayar per klik), pemasaran media sosial, dan content marketing.

Baca Juga: Cara Gunakan Google My Business, Alat Bantu Pemasaran Digital

Software ini bekerja dengan menarik data situs yang dapat membantu Anda untuk memahami bagaimana performa situs. Ada dua cara utama SEMRush dalam menarik data.

Cara pertama adalah melalui bilah pencarian. Jika Anda mengetikkan sebuah URL situs web ke dalam bilah pencarian, Anda akan mendapatkan laporan tentang informasi dan pilihan keyword domain tersebut. Alat ini akan membantu meneliti pesaing bisnis Anda sehingga bisa menemukan cara untuk dapat bersaing dengan mereka.

Cara kedua adalah dengan membuat proyek yang akan mengumpulkan data dari luar database mereka. SEMRush akan menganalisis visibilitas situs web Anda dan membantu melihat bagaimana Anda harus bersaing dengan pesaing bisnis.

Untuk meningkatkan SEO Anda biasanya ditentukan oleh dua hal: anggaran dan tujuan bisnis. Hal ini menjadikan alat bantu versi uji coba menjadi salah satu cara yang ideal untuk mencari tahu alat apa saja yang dapat menyediakan fitur yang paling Anda butuhkan, sehingga dapat menentukan seberapa banyak Anda harus mengeluarkan anggara untuk bisa mengakses alat tersebut.

Banyak alat yang menawarkan uji coba gratis. Salah satu alatnya adalah SEMrush. Mereka menawarkan uji coba selama tujuh hari yang memberikan fleksibilitas bagi penggunanya untuk mencoba berbagai fitur secara gratis.

SEMrush dapat diakses secara gratis, namun versi gratis ini memiliki sejumlah batasan fitur. SEMrush menawarkan lebih banyak fitur kepada pengguna akun berbayar. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari versi gratis ini, pemasar digital yang memiliki low budget harus mengetahui batasan ini sebelum memulai menggunakannya. Anda hanya bisa mengakses 10 fitur saja. Di bawah ini adalah sejumlah batasan penggunaan fitur di versi gratis SEMRush:

- 10 pencarian per hari

- 10 hasil per pencarian

- Maksimal 100 halaman yang dapat di-crawl untuk melakukan audit pada situs

- 10 kata kunci yang dapat dilacak

- 10 unit ide untuk On Page SEO 

- Satu SEO content template

- Satu SEO writing asistant template 

- Satu keyword magic tool list

- Dua penelusuran query di topic research

- Satu laporan berbentuk PDF

Setelah mengetahui batasan untuk menggunakan SEMRush gratis, Anda dapat menentukan strategi dalam menggunakan alat terbaik untuk digunakan selama masa percobaan.

Halaman:

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Patrick Trusto Jati Wibowo
Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: