Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kenalkan Dana Pensiun ke Milenial & Gen Z, Avrist Assurance Rambah Kanal Digital

Kenalkan Dana Pensiun ke Milenial & Gen Z, Avrist Assurance Rambah Kanal Digital Kredit Foto: Avrist
Warta Ekonomi, Jakarta -

Dana pensiun merupakan sebuah bahan diskusi yang cenderung dinomorduakan atau bahkan dinomortigakan oleh para milenial dan Gen Z. Hal ini dikarenakan kata-kata ‘Pensiun’ identik dengan usia lanjut non-produktif sehingga seakan-akan tidak ada urgensi untuk mengelola kelangsungan kesejahteraan ketika usia pensiun tiba.

Bila mengacu pada laporan dari OJK yang diterbitkan pada 2018, jumlah total peserta dana pensiun turun 4,03%, tetapi jumlah peserta aktif DPLK tumbuh 5,14%. Walaupun bertumbuh, tetapi dari 77 juta tenaga kerja aktif, hanya 6% yang menjadi peserta dana pensiun, sedangkan 94% lainnya tidak. 

Salah satu penyebab rendahnya penetrasi produk persiapan dana pensiun adalah karena kurangnya edukasi literasi keuangan dengan topik pembahasan dana pensiun atau DPLK. Terlebih lagi bagi generasi milenial yang saat ini menduduki posisi strategis atau decision-making position, yang kerap kali mengedepankan kebutuhan gaya hidup ketimbang mempersiapkan finansial sehat di hari tua.

Baca Juga: Puji Syukur, Pendapatan PermataBank Naik Signifikan

Avrist Assurance melihat adanya peluang besar untuk memanfaatkan kanal digital dalam memberikan edukasi produk dana pensiun. Dengan merambah kanal digital, edukasi mengenai persiapan dana pensiun dapat menjangkau generasi milenial dan Gen Z sehingga persiapan dana pensiun dapat dilakukan sejak memasuki usia produktif.

"Avrist Assurance menerapkan berbagai strategi untuk memasarkan produk DPLK, salah satunya dengan akselerasi pemanfaatan kanal digital. Dengan pesatnya perkembangan era digital, kami melihat ada peluang di kanal digital yang berpotensi untuk mengedukasi dan memasarkan produk secara efektif dan berkelanjutan," kata Firmansyah, ASAI, VP, Head of Pension Department, PT Avrist Assurance (29/10/2020).

Firman memaparkan bahwa perusahaan menerapkan digital marketing dalam mengenalkan produk DPLK kepada milenial dan Gen Z. Pertama, sosialisasi produk DPLK melalui lokakarya (workshop) secara virtual. Avrist berkolaborasi dengan berbagai komunitas dalam mengedukasi keuntungan dan kelebihan dari produk DPLK.

Melalui workshop daring, Avrist membahas berbagai topik menarik seputar DPLK, seperti pengenalan produk DPLK, keuntungan bergabung sebagai peserta DPLK, hingga strategi mempersiapkan dana pensiun.

Halaman:

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Rosmayanti

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: