Saat ini, terdapat lebih dari 4,54 miliar orang yang menggunakan internet, menjadikannya tempat yang tepat untuk melakukan bisnis dan mendapatkan pelanggan. Fenomena ini membuat hampir setiap bisnis online untuk mendapatkan keunggulan dan menjadi lebih sukses daripada pesaing mereka.
Ini membutuhkan banyak kerja keras, tetapi hal itu bisa dicapai. Melalui sejumlah strategi pemasaran, membangun sebuah brand yang cerdas dan hubungan yang baik dengan pelanggan, bisnis dapat meningkatkan presensi online mereka dan meningkatkan jumlah pelanggan setia.
Baca Juga: Apa Itu Demonetisasi?
Salah satu strategi pemasaran digital yang dibutuhkan adalah memiliki multilingual website atau situs web multibahasa yang akan kita bicarakan pada kali ini.
Apa Itu Multilingual Website?
Seperti namanya, situs web multibahasa atau multilingual website adalah sebuah website yang memiliki konten lebih dari satu bahasa.
Meskipun bahasa Inggris masih mendominasi internet (statistik menunjukkan bahwa 25,2% pengguna internet berbicara bahasa Inggris), ada bahasa lain yang digunakan secara luas, seperti China, Spanyol, Arab, Portugis, dan lainnya.
Sekarang, bayangkan jika Anda menambahkan bahasa China dan Spanyol ke situs web Anda yang hanya berbahasa Inggris. Ini akan memberi Anda peluang untuk menjangkau 27,2% lebih banyak dari pengguna internet. Itulah sebabnya menggunakan multilingual website menjadi sangat penting bagi bisnis online, terutama yang merambah di kancah internasional.
5 Manfaat Menggunakan Multilingual Website
1. Meningkatnya Pengguna Non-Berbahasa Inggris
Internet merupakan penemuan dari negara yang berbahasa Inggris dan akibatnya didominasi oleh pengguna dan situs yang berbahasa Inggris juga. Namun, waktu terus berubah. Dengan makin banyaknya orang yang membeli PC dan akses internet yang tersedia dari Nigeria hingga Selandia Baru, penutur bahasa Inggris akan segera menjadi minoritas dalam hal penggunaan internet.
Hasil penelitian yang dilakukan oleh Nielsen-Netratings pada bulan Maret 2005 menggambarkan, pasar internet internasional sebagai "low hanging fruit", yaitu jika Anda memiliki kemauan dan pandangan ke depan, ada pendapatan besar yang bisa didapat dengan usaha yang relatif kecil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan internet di wilayah Amerika Serikat, Jerman, Inggris, dan Swedia belum mengalami pertumbuhan yang signifikan. Di sisi lain, negara-negara seperti Prancis, Hong Kong, Italia, dan Jepang mengalami pertumbuhan yang substansial dalam penggunaan internet.
Kaizad Gotla, analis senior di Nielsen-Netratings menyatakan, "Peluang terbesar berada di negara-negara yang memiliki pola penggunaan internet dan hubungan antarpengguna atau situs yang kurang terjalin dengan baik. Mendapatkan pengguna di pasar yang saat ini sedang dalam tahap pertumbuhan akan menghasilkan basis pengguna setia yang akan membayar dividen bagi perusahaan internet di masa mendatang."
2. Alat Pemasaran Hemat Biaya
Memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan audiens internasional dalam bahasa mereka sendiri tidak diragukan lagi akan menghasilkan suatu pendapatan yang tidak hanya dalam arti finansial, tetapi juga dalam hal pemasaran dan menciptakan kesadaran akan brand, layanan, atau produk Anda.
Multilingual website dalam skema besar mungkin merupakan salah satu cara yang paling hemat biaya untuk memasarkan perusahaan Anda, menjaring pengguna baru, membangun hubungan dengan klien baru, dan memberi kesempatan brand Anda untuk bersaing di kancah internasional.
3. Pelanggan Baru
Pada akhirnya, hal utama yang diberikan multilingual website kepada Anda adalah pelanggan baru. Dengan membuat situs Anda dapat diakses oleh ribuan orang dari penjuru dunia, Anda bisa unjuk kebolehan perusahaan Anda di seluruh dunia. Untuk pengguna yang tidak berbahasa Inggris yang sedang mencari produk atau layanan Anda, Anda secara otomatis dapat menarik perhatian mereka.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Patrick Trusto Jati Wibowo
Editor: Puri Mei Setyaningrum
Tag Terkait: