Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Belajar Digital Marketing dari Denny Santoso

Belajar Digital Marketing dari Denny Santoso Kredit Foto: Instagram/Denny Santoso
Warta Ekonomi, Jakarta -

Denny Santoso kini dikenal sebagai pakar digital marketing dan entrepreneur di Indonesia. Perjalanan itu dimulainya dengan berbisnis di tahun 1991 dengan membuat PT Jaya Sportindo, saat itu adalah satu-satunya distributor utama suplemen fitness dan kesehatan pertama di Indonesia hingga saat ini punya beberapa bisnis lainnya di berbagai industri.

Bertahun-tahun mengelola berbagai bisnis memberi pengalaman berharga untuk Denny dalam perjalanannya menjadi seorang entrepreneur. Jatuh bangun sudah pernah dialami, rugi puluhan miliiar pun juga pernah dihadapi. Namun, semangatnya untuk terus belajar dan tidak pernah mau menyerah membuatnya menjadi seorang Denny Santoso yang kuat.

Baca Juga: KOL Stories x Denny Santoso: Updating Digital Marketing Strategy in Uncertain Times

Denny mengenal dunia internet marketing sejak awal 2000 dan mulai mendalaminya semenjak 2007. Bahkan, ia tidak ragu menghabiskan uang miliaran rupiah agar bisa memahami dunia digital marketing dan belajar langsung dari mentor-mentor terbaik dari Luar Negri. Meskipun saat itu digital marketing belum setenar sekarang, Denny tetap gigih mempelajari dan mengampanyekan digital marketing.

Denny percaya bahwa ke depannya digital marketing akan menjadi besar di dunia-nyatanya terbukti dengan melihat perkembangan internet saat ini. Tak hanya kesuksesannya yang menginspirasi, tokoh satu ini juga murah hati dan kerap berbagi ilmu di banyak platform digital. Simak kisah inspiratif Denny Santoso berikut ini!

Denny Santoso: Mentor Digital Marketer yang Tidak Pelit Ilmu, tetapi Introvert

Jika Anda ingin mencari "mentor" yang tepat untuk memperbesar bisnis Anda di ranah digital, Anda perlu mengenal figur yang satu ini. Ia adalah entrepreneur dengan banyak pengalaman yang kerap berbagi ilmu dan sangat berpengalaman dalam dunia digital marketing sehingga saat ini sering disebut sebagai Digital Marketer Expert Indonesia.

Tokoh tersebut bernama Denny Santoso. Kiprahnya dalam dunia bisnis tidak perlu diragukan lagi. Denny telah memiliki banyak pengalaman di dunia bisnis, dimulai dari membangun PT Jaya Sportindo, Bonnels.id, sampai sekarang fokus dalam membangun Tribelio. Selain itu, Denny juga punya pengalaman di industri properti, film, bahkan sampai MLM.

Banyak yang tidak tahu, Denny Santoso adalah seorang introvert yang lebih menyukai untuk menghabiskan waktunya di rumah bersama keluarga daripada berkumpul di luar berlama-lama. Bisa dikatakan, Denny itu seorang Family Man. Dia lebih suka bermain bersama anak-anak di rumah atau membaca banyak buku di waktu senggang.

Dari banyak membaca dan banyak belajar, Denny sadar bahwa perkembangan digital marketing di Indonesia masih sangat jauh jika dibandingkan dengan negara lain, sebut saja Amerika. Untuk itu, sebagai anak bangsa, Denny juga ingin membagikan ilmunya kepada lebih banyak orang lagi agar pengetahuan yang dipelajarinya tidak hanya disimpan untuk Denny seorang, tapi juga bisa menjadi pengetahuan bagi banyak orang, terutama di Indonesia.

Semenjak itu, Denny banyak memberi ilmu baik secara offline maupun lewat platform digital dan mulai banyak dikenal orang, sebut saja Youtube, Podcast, Instagram, bahkan TikTok pun juga digeluti oleh Denny.

Denny juga pada akhirnya membuka kelas-kelas baik berbayar maupun gratis karena banyaknya permintaan. Untuk kelas berbayar yang Denny adakan, pastinya ilmu yang diberikan akan lebih dalam lagi-dan jika banyak yang bertanya kenapa harus berbayar? Denny menyampaikan bahwa mental gratisan orang Indonesia itu harus dihapus karena sangat tidak baik untuk pengembangan diri. Ketika mereka diberi ilmu gratis hanya 1:1000 yang mau take action dan akhirnya berhasil, sedangkan yang lainnya hanya masuk telinga kiri-dan keluar telinga kanan.

"Saya sebut mindset seperti itu adalah Chicken Mindset. Mereka mau sukses? Dikasih ilmu gratis, tapi jadi males-malesan. Pada mikir masih ada besok, besok aja deh lakukan sehingga kebanyakan butuh dipecut supaya mau bergerak. Nah, salah satunya ya dengan mengadakan kelas berbayar supaya mereka sadar sudah bayar, tapi tidak action juga kan buang-buang uang, maka akan lebih kecil kemungkinan mereka malas-malasan," ungkap Denny. 

Berkat ilmu dan sharing dari Denny, dia sudah bisa menghasilkan banyak entrepreneur sukses lainnya yang berhasil meningkatkan bisnis mereka lewat strategi digital marketing, sebut saja Rico Huang, Perdana Mahartika, Dewa Eka Prayoga, dan masih banyak lagi.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: