Inbound marketing saat ini telah berkembang sebagai cara alternatif untuk menarik pelanggan baru melalui penggunaan iklan, promosi, dan sebagainya.
Karena perilaku pelanggan saat ini berbeda dari sebelumnya dan memiliki akses ke berbagai informasi mendalam tentang topik apa pun, maka pendekatan terbaik untuk mempromosikan situs web Anda bukanlah dengan mengganggu pengalaman penjelajahan mereka, tetapi dengan menyediakan segala informasi yang sedang mereka cari dan akhirnya dapat mereka temukan.
Dalam artikel ini, mari kita bahas apa itu inbound marketing, manfaat dari alat pemasaran ini, dan bagaimana strategi inbound marketing yang paling efektif.
Mengenal Apa Itu Inbound Marketing
Sederhananya, inbound marketing adalah solusi dalam membantu konsumen yang berfokus pada kebutuhan, keinginan, dan perjalanan pembelian konsumen. Ini sering kali terjadi bahkan sebelum pelanggan tersebut siap untuk melakukan pembelian, tetapi melakukan kontak lebih awal dapat berubah menjadi preferensi merek dan, pada akhirnya menjadi prospek dan pendapatan. Inbound marketing adalah strategi yang memanfaatkan berbagai bentuk pemasaran seperti content marketing, blog, event, Search Engine Optimization (SEO), media sosial, dan lainnya untuk menciptakan brand awareness dan menarik perhatian bisnis baru. Alih-alih "menyewa perhatian", perusahaan yang menerapkan inbound marketing akan fokus pada metode baru yang diarahkan untuk membangun awareness, mengembangkan hubungan, dan menghasilkan prospek.
Metode ini membuat Anda menjadi atraktif bagi pelanggan karena tidak membuat orang merasa seperti sedang dijual. Konten yang disediakan oleh inbound marketing bersifat mendidik, menghibur, dan dapat disambut baik oleh konsumen. Ketika dilakukan dengan benar, inbound marketing dapat memberikan hasil yang jauh lebih baik daripada pemasaran tradisional yang dapat mengganggu prospek daripada memberi mereka kesempatan untuk dapat terlibat. Ketika konsumen menemukan perusahaan Anda melalui inbound marketing, maka mereka dapat memiliki pengaruh yang lebih kuat dalam mengambil keputusan terhadap bisnis Anda di masa mendatang. Bagian terbaiknya? Inbound marketing terdiri dari arahan organik sepenuhnya, jadi ini semua bergantung pada taktik daripada anggaran bisnis.
Inbound marketing memiliki kemampuan yang kuat untuk menempatkan pelanggan sebagai pengambil keputusan, serta menghubungkan Anda dengan orang-orang yang benar-benar tertarik dengan apa yang Anda katakan. Selain konversi prospek dan retensi pelanggan, inbound marketing dapat memberikan berbagai manfaat seperti mendapatkan sharing melalui media sosial, membangun brand awareness, dan meningkatkan upaya Search Engine Optimization. Program inbound marketing yang kuat memungkinkan pelanggan untuk dapat terlibat dengan brand Anda kapan saja. Ini dapat membantu Anda untuk menghasilkan prospek yang berkualitas dengan biaya yang jauh lebih sedikit daripada pemasaran tradisional.
Inbound marketing menempatkan penekanan pada pemahaman konten atau konteks. Idealnya, Anda harus fokus pada pembuatan konten yang sepenuhnya dioptimalkan untuk mesin pencarian dan media sosial, serta yang dapat menarik target prospek Anda. Konteks ini mengacu pada pemahaman konten mana yang paling menarik bagi prospek dan apa yang paling mungkin dapat menarik mereka melalui saluran penjualan Anda, sehingga konteks tersebut harus dipahami dan dikuasai untuk mempersonalisasi pesan, email, dan berbagai promosi lainnya
Saat ini pembeli memiliki semua informasi yang mereka butuhkan untuk membuat keputusan pembelian kapan saja dan di mana saja. Spesifikasi detail, harga, dan ulasan produk atau layanan ada di tangan mereka, belum lagi dampak media sosial seperti berbagi informasi. Agar dapat berhasil dalam lanskap yang terus berkembang ini, visibilitas bisnis melalui inbound marketing adalah kuncinya.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Patrick Trusto Jati Wibowo
Editor: Alfi Dinilhaq
Tag Terkait: