Ingin Memaksimalkan Penjualan Digital? UMKM Lokal Harus Simak 4 Tips Ini
Pandemi telah menggeser banyak kebiasaan kehidupan termasuk budaya berbelanja. Saat ini, banyak masyarakat yang menggemari berbelanja secara daring karena lebih praktis dan lebih aman dalam situasi pandemi ini. Situasi ini mengharuskan para pelaku usaha beradaptasi dengan platform digital.
External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya, mengungkapkan salah satu tantangan yang harus dihadapi oleh Tokopedia sebagai platform penjualan digital adalah upaya mendorong akselerasi digital bagi para pelaku UMKM.
Baca Juga: Dukung Budaya Lokal, Tokopedia Dongkrak Penjualan UMKM Hingga 6x Lipat
"Karena untuk beralih ke digital itu kan tidak gampang. Mulai dari interaksi dengan pelanggan harus dijaga dengan baik, demand pengguna juga bagaimana caranya bisa sampai dengan cepat, dan sebagainya," jelas Ekhel saat virtual media briefing Tokopedia, Selasa (22/6/2021).
Untuk memudahkan para pelaku UMKM memaksimalkan penjualan mereka, Ekhel memberikan empat tips yang bisa diterapkan pelaku UMKM mengembangkan bisnis di platform Tokopedia.
1. Manfaatkan fitur-fitur yang tersedia di Tokopedia
Ekhel menjelaskan untuk dapat beralih ke digital, pelaku UMKM tidak cukup hanya memasang foto produk serta harga tanpa melakukan berbagai promosi lainnya. Oleh sebab itu, Ekhel menyarankan mitra penjual Tokopedia untuk memaksimalkan fitur yang tersedia di platform tersebut.
"Misalnya ada fitur voucher toko yang bisa di-custom sesuai dengan kebutuhan toko dan konsumennya. Ada juga fitur bebas ongkir yang cukup populer dan dinikmati oleh banyak konsumen," terang perwakilan Tokopedia tersebut.
Selain itu, masih ada fitur lain yang disediakan oleh Tokopedia untuk bisa mempromosikan produk mitra penjual, seperti fitur Top Ads, Dekorasi Toko, hingga Broadcast Chat.
2. Berpartisipasi dalam berbagai program dan kampanye Tokopedia
Sebagai sebuah marketplace, Tokopedia menyediakan banyak panggung untuk para penjual yang tergabut di platform tersebut. Misalnya, Waktu Indonesia Belanja yang diadakan setiap akhir bulan dan Bangga Buatan Indonesia.
"Kita juga banyak kampanye yang sesuai dengan kategori dan momentum, jadi tergantung dengan para penjual yang tergabung di Tokopedia," jelasnya.
3. Manfaatkan aplikasi Tokopedia Seller
Selain aplikasi utama Tokopedia yang menaungi penjual serta konsumen, Tokopedia juga menyediakan aplikasi khusus penjual yang disebut Tokopedia Seller. Melalui aplikasi tersebut, penjual bisa melihat data statistik penjualan dan data-data lainnya sehingga penjual bisa meningkatkan produktivitas dan mengembangkan bisnisnya lebih jauh lagi.
Tidak hanya itu, aplikasi tersebut juga menyediakan fitur Quick Reply Chat yang akan memudahkan para penjual membalas obrolan konsumen dengan cepat.
4. Lakukan inovasi produk
Ekhel juga menyarankan para penjual untuk mengembangkan dan melakukan inovasi produk secara berkala. Hal itu dapat dilakukan dengan memanfaatkan momentum spesial seperti HUT DKI Jakarta.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Imamatul Silfia
Editor: Alfi Dinilhaq