Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

OttoPay Dorong UMKM Siap Digital, Maksimalkan Digitalisasi Pencatatan Transaksi dan Stok Barang

OttoPay Dorong UMKM Siap Digital, Maksimalkan Digitalisasi Pencatatan Transaksi dan Stok Barang Kredit Foto: OttoPay
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pergerakan UMKM menjadi sorotan utama di tengah gencarnya transformasi digital pada sektor ekonomi domestik, terutama dalam membantu pegiat UMKM menghadapi berbagai tantangan laju digitalisasi UMKM di Indonesia.

Mulai dari pencatatan transaksi yang masih berantakan sehingga mengurangi omzet, bingung berapa untung yang didapat, lupa memperbarui stok barang, sampai kesulitan akses untuk memperoleh barang dari distributor secara efisien.

Baca Juga: Kemenkop UKM Jelaskan Road Map untuk Kejar Target Digitalisasi 30 Juta UMKM pada 2024

Oleh karena itu, OttoPay, aplikasi dagang milik PT Reksa Transaksi Sukses Makmur, berupaya mendukung laju UMKM secara menyeluruh dari ruang lingkup terkecil dengan menghadirkan layanan OttoKasir dan OttoGrosir untuk memaksimalkan UMKM digital, terutama dari sisi pencatatan transaksi dan penyediaan stok barang.

Melalui kedua layanan ini, OttoPay berhasil mencatat total transaksi QRIS hingga 60 persen dan memberdayakan ribuan mitra UMKM yang memanfaatkan penyediaan barang selama pandemi.

Hasil riset Alpha JWC Ventures dan Kearney  berjudul ‘Unlocking Next Wave of Digital Growth: Beyond Metropolitan Indonesia’ menyatakan bahwa dalam lima tahun ke depan, penggunaan layanan digital di kota kedua dan ketiga akan mendongkrak sektor UMKM salah satunya melalui pembayaran digital, sehingga nantinya akan berperan dalam menopang pertumbuhan ekonomi digital dari UMKM.

Sebagai penyedia layanan transaksi digital bagi UMKM, OttoPay optimis dengan kemampuan mitra UMKM dalam beradaptasi dan terbiasa menggunakan layanan digital, sehingga dapat memaksimalkan sektor UMKM secara menyeluruh dan turut berperan serta dalam mendongkrak persiapan digitalisasi UMKM.

“Kontribusi industri teknologi finansial kepada UMKM akan terus memunculkan harapan baru, maka, OttoPay berupaya memaksimalkan kesiapan digitalisasi UMKM dengan menghadirkan OttoKasir untuk mempermudah pencatatan transaksi digital serta pengelolaan stok barang mitra dan OttoGrosir yang akan memperkuat dan melengkapi penyediaan barang bagi mitra. Dari hasil implementasi kerjasama bisnis keseluruhan yang sudah berjalan, kami bermitra dengan ratusan ribu UMKM yang sudah mengoptimalkan layanan OttoPay, di antaranya melalui layanan OttoKasir dan OttoGrosir. Kami berharap hadirnya kedua layanan yang saling terintegrasi ini dapat menjangkau mitra UMKM lebih luas lagi dan membantu mereka untuk lebih berdaya,” jelas Senior Product Manager PT Reksa Transaksi Sukses Makmur, Muhammad Alfi Nurcahyo. 

OttoPay mendukung persiapan digitalisasi UMKM dengan menghadirkan OttoKasir, aplikasi yang membantu pencatatan secara rinci, menyeluruh, dan terintegrasi baik bagi mitra OttoPay, modern merchant, maupun OttoGrosir. Aplikasi OttoKasir sendiri menyediakan pencatatan transaksi pembayaran dengan menggunakan uang tunai, QRIS, dan kasbon sehingga pengguna tidak perlu khawatir apabila pencatatan keuangannya tidak terdata dengan baik.

Selama periode Oktober 2020 – Agustus 2021, 60% transaksi yang tercatat dalam aplikasi OttoKasir berasal dari QRIS, serta mitra-mitra yang sudah menggunakan OttoKasir lebih terbantu dalam operasional usaha, sehingga dari segi pencatatan transaksi digital dan operasional, persentase tersebut memantapkan posisi OttoPay dalam mendukung persiapan UMKM untuk go digital.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Alfi Dinilhaq

Bagikan Artikel: