Promosi penjualan adalah aktivitas tersusun yang ditujukan untuk meningkatkan permintaan konsumen. Perusahaan mendesainnya sebagai taktik jangka pendek untuk meningkatkan penjualan dengan menargetkan konsumen.
Promosi penjualan dapat memiliki efek positif pada brand awareness, kepuasan pelanggan, dan pendapatan pebisnis. Meskipun tujuan langsung dari promosi penjualan adalah peningkatan penjualan, ada banyak manfaat lain untuk membangun teknik promosi penjualan yang strategis.
Baca Juga: Apa Itu Profitabilitas?
Beberapa manfaat menjalankan promosi penjualan adalah:
- Menciptakan loyalitas dan antusiasme untuk merek
- Meningkatkan penjualan dan pendapatan
- Mendapatkan wawasan berharga tentang perilaku pelanggan dan sensitivitas harga
Menggunakan promosi penjualan secara strategis membantu mendukung berbagai minat bisnis dan membuat audiens yang ada tetap terlibat dengan penawaran perusahaan
Namun, kelemahan dari promosi penjualan adalah beberapa bisnis menderita karena menjadi terlalu bergantung pada mereka untuk meningkatkan penjualan. Akibatnya, mereka memasuki siklus pemasaran jangka pendek yang genting dan berjuang untuk merencanakan tujuan dan pertumbuhan jangka panjang.
Oleh karena itu, promosi penjualan yang baik adalah promosi yang dijalankan secara strategis untuk bekerja sesuai dengan siklus penjualan perusahaan. Selain itu, terlalu banyak promosi dapat merusak reputasi bisnis karena penawarannya tidak lagi tampak eksklusif atau berharga dan klien mulai melihat produk atau layanan perusahaan kurang berharga daripada yang biasanya dijual.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami
Tag Terkait: