Kunjungi Pabrik Traktor di Minsk, Wakil Ketua DPR RI Singgung Soal Modernisasi Pertanian

Kunjungi Pabrik Traktor di Minsk, Wakil Ketua DPR RI Singgung Soal Modernisasi Pertanian Kredit Foto: MPR RI

Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel mengunjungi pabrik traktor di Minsk, Belarusia, bersama anggota delegasi lainnya. Mereka juga menyinggung soal perkembangan pertanian di Indonesia.

Gobel mengatakan, traktor produksi Belarusia memiliki kualitas yang bagus namun harganya sangat kompetitif. Alhasil, traktor ini bisa masuk ke pasar Indonesia. Namun Gobel berpendapat sebaiknya perusahaan traktor Belarusia memproduksi traktornya di Indonesia.

Baca Juga: Hasil Survei Terbaru Elektabilitas Partai Politik, Ini Peringkatnya

“Kualitasnya bagus dan harganya sangat kompetitif. Ini bagus untuk pertanian kita di Tanah Air,” katanya, Jumat (22/10).

“Dengan demikian harganya bisa lebih murah lagi karena mengikuti ketentuan tentang besaran kandungan lokal. Ini juga akan menumbuhkan industri komponen di dalam negeri serta menyerap tenaga kerja di Indonesia,” tambahnya.

Menurut Gobel, Indonesia harus terus melakukan modernisasi di bidang pertanian agar lebih efisien, produktif, dan menyejahterakan petani. Pengadaan traktor yang berkualitas dan memiliki harga yang kompetitif merupakan bagian dari upaya tersebut.

Ia juga menyebut, dengan membangun pabrik traktor di Indonesia maka petani menjadi lebih yakin dan mendapat kepastian.

“Yaitu jaminan terhadap ketersediaan komponen suku cadang maupun perawatan. Untuk penggunanya petani,” katanya.

Gobel meminta neraca perdagangan kedua negara yang defisit untuk Indonesia agar diseimbangkan.

“Belarusia juga bisa mengimpor produk-produk pangan lainnya yang tak dimiliki Belarusia seperti ikan laut, rempah-rempah, kopi, dan lain-lain. Pada kesempatan itu Gobel mengenalkan minuman herbal untuk keperluan menghangatkan badan dan meningkatkan imunitas. Jadi intinya agar kerja sama kedua negara menjadi saling menguntungkan,” katanya.

Pada kesempatan itu, Belarusia meminta agar Indonesia membuka keduataannya di Belarusia dan tak menjadi bagian dari kedutaan Indonesia di Rusia.

Baca Juga: Mungkinkah Anies Baswedan Maju Jadi Capres?

Sebagai informasi, Belarus Tractor telah berusia 75 tahun. Pabrik traktor ini memproduksi 27 jenis traktor. Mulai dari yang berkekuatan 9 PK (tenaga kuda) hingga yang berkekuatan 359 PK. Pabrik ini mampu memproduksi satu traktor dalam setiap lima menit. Mereka berminat untuk mencari mitra bisnis di Indonesia agar dapat dipasarkan ke Indonesia.

Belarusia juga merupakan produsen dump truck terbesar di dunia untuk keperluan pertambangan. Pabrik truk raksasa yang memiliki luas 120 hektare itu bernama Belaruski Autamabilny Zavod (BelAZ) atau Belarusian Automobile Plant. Pabrik ini berdiri pada 1946 dan 100 persen milik negara. BelAZ memproduksi dump truck berkapasitas mulai dari 25 ton hingga yang berkapasitas 450 ton, inilah dump truck dengan kapasitas terbesar di dunia. 

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini