Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kak Seto Imbau Orang Tua Utamakan Kesehatan Mental Anak: Terutama dalam Mendidik

Kak Seto Imbau Orang Tua Utamakan Kesehatan Mental Anak: Terutama dalam Mendidik Kredit Foto: Instagram/Kak Seto
Warta Ekonomi, Jakarta -

Psikolog anak Seto Mulyadi, atau akrab disapa Kak Seto, meminta para orang tua untuk mengutamakan kesehatan mental anak, terutama dalam mendidik selama proses belajar daring di tengah pandemi.

"Yang paling penting itu orang tua harus menjaga kesehatan fisik dan juga mental. Kadang, orang tua sering lupa untuk menjaga kesehatan mental," kata Kak Seto dalam dialog virtual, Selasa (26/10/2021).

Baca Juga: Kak Seto Minta Sekolah Buka Ruang Kreativitas Bagi Siswa

Hal yang paling disoroti oleh Kak Seto terkait mejaga kesehatan mental anak di rumah adalah dari segi kekerasan anak. Kekerasan sering kali menimbulkan trauma pada diri anak-anak.

"Banyak laporan [kekerasan] di masa pandemi atas nama kurikulum dan sebagainya. Anak justru ditekan oleh orang tuanya," ujar Kak Seto.

Kak Seto meminta orang tua untuk melakukan pendekatan yang berbeda dalam mendidik anak, seperti mengembangkan kebiasaan berdiskusi atau mengobrol bersama.

Dengan kebiasaan ini, baik anak maupun orang tua dapat terbiasa berbicara dari hati ke hati dan mau menerima masukan sehingga dapat membentuk keluarga yang tangguh selama di rumah.

Selain itu, orang tua juga perlu menjalani berbagai kegiatan yang teratur dan menjaga waktu istirahat agar tidak mudah panik, lelah, dan memicu kehadiran emosi negatif. Orang tua juga diharapkan dapat meningkatkan ibadah, berdoa, serta senantiasa bersyukur. Dengan begitu, orang tua dapat menjaga kesehatan mentalnya sendiri yang pada akhirnya juga akan menjaga kesehatan mental anak.

Penulis: Imamatul Silfia
Editor: Alfi Dinilhaq

Bagikan Artikel:

Video Pilihan