Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Penting! Oh… Ternyata Ini 3 Penyebab Mengapa Diabetes Bisa Mengakibatkan Sembelit

Penting! Oh… Ternyata Ini 3 Penyebab Mengapa Diabetes Bisa Mengakibatkan Sembelit Kredit Foto: Unsplash/Nik Shuliahin
Warta Ekonomi, Jakarta -

Dengan kondisi manajemen gula darah yang tidak lagi optimal, membuat penderita diabetes mengalami berbagai keluhan kesehatan pada tubuh mereka. Bahkan keluhan turunan ini ada yang sampai pada tingkat penyakit kronis lainnya.

Diketahui sembelit juga memiliki keterkaitan dengan diabetes. diabetes dapat menyebabkan kadar gula darah tinggi terus-menerus, yang dapat menyebabkan kerusakan saraf yang dapat menyebabkan sembelit. Dalam beberapa kasus, diet atau pengobatan seseorang juga dapat menyebabkan sembelit.

Baca Juga: Covid Oh Covid... Pria Wajib Waspada! Catat Nih… Covid-19 Berpengaruh pada Kualitas Sperma Anda!

Lantas apa yang menjadi penyebab diabetes menimbulkan sembelit? Ternyata ada 3 kemungkinan penyebab sehingga kondisi ini bisa terjadi. Berikut informasinya yang dilansir dari laman Medical News Today.

Neuropati diabetik dan gastroparesis

Orang yang hidup dengan diabetes dapat mengembangkan neuropati diabetik. Neuropati diabetik adalah kerusakan saraf yang dapat mempengaruhi berbagai bagian tubuh, termasuk saluran pencernaan.

Kerusakan saraf terkait diabetes dapat memengaruhi saraf vagus, yang mengontrol pergerakan makanan melalui saluran pencernaan.

Ketika ini terjadi, usus seseorang tidak dapat memproses limbah padat secara efektif. Akibatnya, seseorang bisa menjadi sembelit. Kerusakan pada saraf vagus juga dapat menyebabkan kondisi yang disebut gastroparesis, yang terkadang disebut orang sebagai pengosongan lambung yang tertunda.

Diabetes dan sembelit terkait diet

Penulis: Bayu Muhardianto
Editor: Bayu Muhardianto

Bagikan Artikel:

Video Pilihan