Cek Sekarang! Kondisi Penis Berikut Ini Bisa Mengindikasikan Masalah Kesehatan, Penis Bengkok...

Cek Sekarang! Kondisi Penis Berikut Ini Bisa Mengindikasikan Masalah Kesehatan, Penis Bengkok... Kredit Foto: Unsplash/hello i'm Nik

Benjolan, nyeri, bengkak, dan gejala tidak biasa lainnya, bisa menjadi pertanda munculnya masalah kesehatan seksual atau petunjuk masalah tubuh yang lebih besar.

Tapi sayangnya, kebanyakan pria tidak menyadari bahkan cenderung mengabaikan jika Mr p muncul gejala-gejala tersebut, karena menganggap itu bukanlah masalah serius. Nah, agar kamu lebih waspada, berikut beberapa ciri khususnya bagi pria, yang menandakan bahwa organ vitalnya tidak dalam keadaan sehat, dilansir dari laman Health, Selasa 9 November 2021.

Baca Juga: Covid Oh Covid... Pria Wajib Waspada! Catat Nih… Covid-19 Berpengaruh pada Kualitas Sperma Anda!

Penis Bengkok Saat Ereksi

Kondisi ini disebut juga dengan penyakit Peyronie, di mana penis melengkung atau bengkok secara tiba-tiba saat ereksi. Menurut ahli urologi di Klinik Cleveland, dr. Ryan Berglund, MD, Peyronie disebabkan oleh penumpukan jaringan parut.

Kondisi ini memungkinkan penis bisa naik, turun atau ke samping. Namun, belum diketahui secara pasti apa penyebabnya. Tapi salah satu kemungkinannya adalah cedera penis saat berolahraga.  Benjolan di Bawah Kulit "Biasanya laki-laki merasakan keras (benjolan) dan kadang-kadang itu disebabkan oleh pembuluh darah.

Kelenjar getah bening yang tersumbat juga bisa menjadi penyebabnya," kata dr. Ryan.  Bukan kanker, dr. Berglund mengatakan, kemungkinannya adalah benjolan jinak. Namun, kamu tetap disarankan mengonsultasikannya ke ahli urologi jika mendapati tanda ini.

Baca Juga: Diklaim Sehat, Ternyata Oh Ternyata Makanan Ini Berisiko Hadirkan Masalah Kesehatan, Diabetes?

Beruntusan

Beruntusan atau kondisi munculnya beberapa benjolan kecil dapat disebabkan adanya lesi jinak, jerawat di penis, kista, atau penyakit kutil kelamin yang berhubungan dengan penyakit Human Papillomavirus (HPV).

Penis Terasa Sakit Rasa

sakit di sekitar organ vital pria disebabkan oleh beberapa kondisi. Termasuk, penyakit sifilis dan herpes, yang menyebabkan luka.

Masalah Saat Buang Air Kecil

Keluarnya darah dalam urine adalah salah satu maslaah yang perlu diwaspadai, meskipun hanya sedikit. Karena kanker, bisa menjadi salah satu penyebabnya. Selain itu, kondisi ini juga bisa menandakan batu ginjal, infeksi kandung kemih dan cedera. 

Baca Juga: Bukan Main... Survey Menunjukkan Covid-19 Tak Buat Orang Indonesia Berhenti Merokok

Masalah buang air kecil lainnya, yaitu retensi kandung kemih, di mana saat buang air kecil terasa seperti belum tuntas. Dokter Berglund mengatakan, ini merupakan akibat dari pembesaran prostat yang jinak. 

"Lakukan skrining kanker prostat untuk berjaga-jaga. Meskipun rekomendasi itu tergantung pada usia, latar belakang dan riwayat keluarga pasangan Anda," pungkas dr. Ryan Berglund. 

Benjolan di Testis

Kondisi ini diakibatkan oleh infeksi dan kondisi testis atau buah zakar terpelintir. Selain itu, benjolan ini juga bisa menandakan adanya kanker testis.  "Kanker testis adalah kanker paling umum pada pria berusia antara 15 dan 45 tahun, dan sangat dapat diobati dengan deteksi dini," tuturnya.

Baca Juga: Covid Oh Covid… Nggak Cukup Serang Paru-paru, Aspek Seksual Ternyata Diincar Juga! Ya Ampun…

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini