Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Five Vi Berkata Tak Boleh Kuburkan Dua Mayat Satu Lubang, Warganet: Ada Hubungannya dengan Vanessa?

Five Vi Berkata Tak Boleh Kuburkan Dua Mayat Satu Lubang, Warganet: Ada Hubungannya dengan Vanessa? Kredit Foto: Instagram/Five Vi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Five Vi Rachmawati sedang ramai jadi sorotan. Itu terjadi usai dirinya memposting materi dakwah di akun Instagram pribadinya @five_vrachmawati. Terbaru ia membagikan materi prihal menguburkan dua mayat dalam satu liang lahat.

“Tidak boleh menguburkan dua mayat atau lebih dalam satu lubang, karena hal tersebut tidak pernah dilakukan oleh Nabi,” tulisnya di Instagram pribadi, dilihat pada Kamis (11/11/2021).

Baca Juga: Ayah Vanessa Angel Langsung Menangis Setelah Mengetahui Bahwa...

Ia melanjutkan dengan menjelaskan pengecualiannya. Itu boleh dilakukan, katanya, bila dalam keadaan tertentu yang situasi dan kondisi saat itu tidak mungkin untuk menguburkan satu mayat satu lubang.

Namun jika keadaan mengharuskan hal tersebut, maka diperbolehkan seperti ketika ada kematian dalam jumlah sangat banyak karena perang, wabah, atau bencana alam, atau faktor lain.

Materi dakwah itu dukutip oleh Five Vi dari Ustadz Abul Aswad Al-Bayati.

“Subhannallah, pernah dengar sirahnabawiyah soal satu liang lahat dalam kondisi perang, ternyata kondisi lapang ga boleh ya?.. “sami’na wa’atho’na” (kami mendengar, kami patuh) itulah pentingnya menuntut ilmu agama, bertanya pada ahli ilmu jika tidak tahu, agar tidak salah bertindak apalagi berfatwah tanpa ilmu, Wallahua’lam Bissoab,” ungkap Five Vi.

Ia menjelaskan dari kutipan Lajnah Daa’imah berfatwa :“Hukum asli di dalam syariat Islam setiap mayit dikuburkan dalam lubang yang tersendiri jika memungkinkan, dan tidak dikubur bersama mayit yang lain.

Baik mayit kedua ini mati bersamaan maupun mati sesudahnya.

“Demikian pula hukum aslinya tidak boleh menggali mayit-mayit yang telah dikuburkan lama, kemudian diambil dan diletakkan di dalam satu lubang,” terang Five Vi.

Adapun jika hal tersebut tidak memungkinkan karena sempitnya lahan serta tidak didapatkan lahan yang lain.

Baca Juga: Sebelum Kecelakaan, Vanessa Angel Sempat Transfer Banyak Uang ke...

Atau didapati kesulitan yang besar di dalam menguburkan satu mayit satu lubang karena banyaknya mayit dikarenakan wabah atau pembunuhan atau sebab lain, maka diperbolehkan ketika itu menguburkan banyak mayit dalam satu lubang”. Fatawa Lajnah Daa’imah : 7/285.

Materi dakwah di laman Instagram Five Vi kemudian dibanjiri komentar warganet. Banyak yang memebrikan kritikan.

“Apa ada hubungannya dengan Almh. Vanessa,” sebut seorang warganet.

“Belajar cuma dari copy doang. Semua orang bisa,” timpal yang lain.

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Fajar.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Fajar.co.id.

Editor: Adrial Akbar

Bagikan Artikel:

Video Pilihan