Muhaimin Iskandar Minta Food Estate Jangan Cuma Asal Buka Lahan Saja, Ngerusak Alam!

Muhaimin Iskandar Minta Food Estate Jangan Cuma Asal Buka Lahan Saja, Ngerusak Alam! Kredit Foto: Ferry Hidayat

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar mendorong pemerintah mengevaluasi program food estate.

Terlebih fakta menunjukkan banjir bandang kerap melanda kawasan yang tak jauh dari lokasi proyek itu.

“Saya kira perlu dievaluasi, ditinjau ulang dulu. Kita semua melihat banjir yang terjadi itu tidak jauh titik-titik food estate. Kalau dibiarkan tanpa adanya evaluasi dan kajian mendalam jelas itu merugikan warga sekitar,” kata Gus Muhaimin, Rabu, 17 November 2021.

Jika merujuk Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan, seharusnya program food estate ini menggunakan nomenklatur Kawasan Sentra Produksi Pangan (KSPP).

Menurut Gus Muhaimin, jauh lebih elok KSPP tersebut yang dioptimalkan daripada membuka ratusan hingga jutaan lahan baru dengan membabat hutan berdalih wujudkan kemandirian pangan. 

“Lahan pertanian kita yang masuk dalam KSPP itu sangat luas, kalau itu digarap pemerintah dengan baik tanpa membuka lahan baru apalagi membabat hutan saya yakin bisa mewujudkan kemandirian pangan,” tutur Gus Muhaimin.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini