Tidak Baik untuk Kesehatan, Apa Itu Insomnia?

Tidak Baik untuk Kesehatan, Apa Itu Insomnia? Kredit Foto: Pexels/Andrea Piacquadio

Istirahat sangatlah diperlukan setiap orang. Setelah melakukan aktivitas seharian, istirahat adalah momen terbaik untuk bisa merelaksasi tubuh agar tidak terlalu lelah. Salah satu istirahat yang umum dilakukan oleh orang-orang adalah tidur.

Tidur juga diketahui memiliki manfaat kesehatan. Kurang tidur sering dikaitkan dengan berbagai risiko terkena penyakit. 

Baca Juga: Apa Benar Jambu Air Bermanfaat untuk Masalah Diabetes? Ternyata Oh Ternyata…

Salah satu masalah tidur yang banyak orang atau bahkan Anda sendiri mengalaminya adalah insomnia. Seringkali istilah ini terdengar berkaitan dengan masalah tidur.

Lantas apa sebenarnya itu insomnia? Apakah ada dampak tersendiri jika Anda mengalaminya? Apakah berbahaya untuk kesehatan?

Melansir laman The Sun (22 /11/21), Insomnia didefinisikan oleh NHS sebagai "kesulitan untuk tidur atau tetap tertidur cukup lama untuk merasa segar keesokan paginya".

Gejala-gejala insomnia antara lain sulit tidur, berbaring terjaga dalam waktu lama di malam hari, terbangun beberapa kali setiap malam dan tidak merasa segar ketika bangun.

Terlepas dari kelelahan mereka, penderita juga mungkin merasa sulit untuk tidur siang di siang hari, dan mungkin berjuang untuk berkonsentrasi atau menjadi lebih mudah marah dari biasanya karena kurang tidur.

Baca Juga: Penderita Diabetes Makan Tape, Memangnya Boleh? Ternyata Makanan Fermentasi…

Bagi sebagian orang, serangan insomnia sesekali akan datang dan pergi, sementara yang lain bisa mengalaminya selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun.

Tiga Jenis Insomnia

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini