Apa Itu Business Analyst?

Apa Itu Business Analyst? Kredit Foto: Unsplash/Campaign Creators

Business Analyst membantu memaksimalkan efektivitas bisnis melalui keputusan berdasarkan data. Untuk itu, simak pembahasan berikut ini tentang apa yang dilakukan oleh Business Analyst dan skill apa saja yang diperlukan untuk menjadi Business Analyst yang handal.

Apa Itu Business Analyst?

Business Analyst adalah orang yang membantu bisnis menganalisis proses, produk, layanan, dan sistem mereka untuk meningkatkan proses dan membuat keputusan yang menguntungkan melalui wawasan dan analisis data. Business Analyst juga membantu organisasi untuk mendokumentasikan proses bisnis dengan menilai model bisnis dan integrasinya dengan teknologi.

Baca Juga: Apa Itu Business Plan?

Saat ini, Business Analyst memiliki peran kunci dalam skenario bisnis. Beberapa orang berpikir bahwa peran Business Analyst adalah menghasilkan uang untuk organisasi, yang mungkin tidak selalu seperti itu. Namun secara tidak langsung, tindakan dan keputusan yang diambil oleh Business Analyst memang meninggalkan dampak pada prospek keuangan organisasi.

Apa Saja Yang Dilakukan Business Analyst?

Pekerjaan utama Business Analyst adalah berkomunikasi dengan semua pemangku kepentingan untuk memperoleh, menganalisis dan memvalidasi persyaratan semua perubahan pada proses bisnis, sistem informasi, dan kebijakan terkait bisnis.

Seorang profesional Business Analyst memainkan peran besar dalam menggerakkan organisasi menuju efisiensi, produktivitas, dan profitabilitas.

Selanjutnya, kita akan melihat beberapa perspektif dasar Business Analyst untuk membantu keberhasilan organisasi. Prioritas utama bagi setiap Business Analyst adalah mencoba melakukan hal-hal seperti berikut:

1. Memahami apa yang dilakukan bisnis dan bagaimana cara kerjanya.

2. Menentukan bagaimana cara untuk meningkatkan proses bisnis yang ada.

3. Mengidentifikasi langkah-langkah atau tugas untuk mendukung penerapan fitur baru.

4. Merancang fitur baru untuk diterapkan.

5. Menganalisis dampak penerapan dari fitur baru tersebut.

6. Menerapkan fitur terbaru.

Apa Saja Skill Untuk Menjadi Business Analyst?

Pada dasarnya, Business Analyst membutuhkan empat keterampilan berikut:

1. Skill analitis

Keterampilan analitis yang luar biasa mampu menghasilkan seorang analis bisnis yang baik. Seorang BA harus memahami betul dasar-dasar analisis bisnis, analisis data, alur kerja, input pengguna atau pemangku kepentingan, dokumen, dan lainnya.

2. Skill kepemimpinan

Salah satu tanggung jawab Business Analyst adalah mengarahkan anggota tim, memperkirakan anggaran, membantu anggota tim yang mengalami masalah, dan lainnya.

3. Memahami proses dan perencanaan bisnis

Merencanakan ruang lingkup proyek, memahami dan menerapkan persyaratan proyek, mengidentifikasi sumber daya yang diperlukan untuk proyek, dan sebagainya.

4. Skill teknisĀ 

Jika seorang Business Analyst berada di industri TI, dia diharapkan mampu mengetahui dan memahami beberapa hal teknis seperti sistem operasi, kemampuan hardware, konsep basis data, networking, metodologi SDLC, dan lainnya.

Jika karier menjadi seorang Business Analyst terdengar menarik, mulailah dengan mencari tahu bagaimana cara untuk dapat meningkatkan keahlian Anda. Mengikuti kursus analisis bisni atau sistem bisnis dapat memberi Anda pengenalan luas tentang profesi ini. Jika tidak, pertajam keahlian Anda tentang ilmu data melalui program Google Data Analytics Professional Certificate.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini