Negaranya Dituding Jadi Asal Muasal Omicron, Presiden Afrika Selatan Buka Suara: Saya Kecewa

Negaranya Dituding Jadi Asal Muasal Omicron, Presiden Afrika Selatan Buka Suara: Saya Kecewa Kredit Foto: Foto/Istimewa

Presiden Afrika Selatan (Afsel) Cyril Ramaphosa mengutuk pembatasan perjalanan yang diberlakukan sejumlah negara seperti Inggris, Uni Eropa, AS, dan Jepang terhadap sejumlah negara Afrika.

"Saya sangat kecewa dengan tindakan itu. Ini tidak dapat dibenarkan. Saya meminta negara-negara, agar mencabut larangan tersebut," ujarnya sepeti dikutip BBC, Senin (29/11/2021).

Baca Juga: Belanda Ketar-Ketir! Puluhan Penumpang Pesawat dari Afrika Diduga Bawa Varian Omicron

Sebelumnya, pada Minggu (28/11/2021), Ramaphosa mengatakan, penerapan larangan perjalanan itu tidak memiliki dasar ilmiah. Menurutnya, Afsel adalah korban diskriminasi yang tidak adil. Dia juga berpendapat, larangan tersebut tidak akan efektif dalam mencegah penyebaran varian Omicron.

"Larangan bepergian hanya merusak ekonomi negara-negara yang terdampak. Serta merusak kemampuan mereka untuk menanggapi, dan pulih dari pandemi," katanya.

Pada hari yang sama, Direktur WHO Afrika Matshidiso Moeti mengatakan, larangan perjalanan yang menargetkan Afrika mencederai solidaritas global.

Rwanda dan Angola termasuk di antara negara-negara Afrika, yang membatasi penerbangan ke dan dari Afsel.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Afsel Clayson Monyela juga sangat menyesalkan pemberlakuan pembatasan perjalanan, yang diterapkan sejumlah negara tersebut.

Saat ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menggolongkan Omicron sebagai varian yang patut mendapat perhatian (variant of concern/VOC).

Bukti awal menunjukkan, varian anyar tersebut memiliki risiko infeksi ulang yang lebih tinggi. Varian Omicron yang memiliki mutasi dalam jumlah banyak, ditemukan pertama kali di Afrika Selatan pada awal bulan ini, dan dilaporkan ke WHO pada Rabu 24 November 2021.

Varian ini memicu lonjakan kasus di Gauteng, yang merupakan provinsi terpadat di Afsel selama lebih dari 2 pekan.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Rakyat Merdeka Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini