Kisah Orang Terkaya: Michael Kadoorie, Perantau Timur Tengah yang Sukses Besar di Hong Kong

Kisah Orang Terkaya: Michael Kadoorie, Perantau Timur Tengah yang Sukses Besar di Hong Kong Kredit Foto: South China Morning Post via Getty Images

Salah satu orang terkaya dunia, Michael Kadoorie merupakan pria kelahiran tahun 1941 di Hong Kong dari keluarga Yahudi. Dia adalah seorang filantropis dan eksekutif bisnis. Keluarganya mendirikan CLP Holding Ltd. Dia adalah ketua perusahaan saat ini dan memegang 35% saham.

Perusahaan tersebut mendistribusikan 80% listrik di Hong Kong. Ada juga kepentingan ekuitas pembangkit listrik di antara India, Australia, China dan Asia Tenggara.

Selain itu, Kadoorie juga menjabat sebagai ketua The Shanghai and Hong Kong Hotels yang merupakan grup terbesar kedua di keluarganya. Operator dan pemilik hotel ini terkenal sebagai Peninsula Hotel Group.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Rocco Commisso, Miliarder Pendiri TV Kabel yang Terkenal di Jagat Sepak Bola AS

Dia memiliki 47% dari Hongkong dan Shanghai Hotel, jaringan mewah global yang mencakup Peninsula Hotels. The Peninsula Hotel memulai pembangunan lokasi di London pada November 2017.

Kadoorie bersekolah di Kowloon Junior School di Hong Kong, serta Institut Le Rosey di Swiss. Akar bisnis dalam keluarganya mengakar di Timur Jauh kembali ke kakeknya, keturunan Yahudi Irak yang berasal dari Baghdad, yang pertama kali menetap di Shanghai pada tahun 1880.

Setelah dari Bombay, India, kakeknya menghasilkan banyak uang di Shanghai. Namun, sebagian besar hilang pada tahun 1949, dan kemudian memulai kembali di Hong Kong melalui keuangan, real estat dan utilitas.

Berkantor pusat di Hong Kong, pada tahun itu ayah dan paman Kadoorie memperluas bisnis keluarga menjadi grup yang beragam, dipimpin oleh perusahaan unggulan CLP Holdings Ltd.

Saat ini, Kadoorie adalah ketua CLP Holdings Ltd. yang didirikan keluarganya pada tahun 1890. Selain itu, dia memegang sejumlah jabatan direktur di perusahaan non-Kadoorie. Dia adalah anggota Dewan Universitas Hong Kong dan mendirikan Gedung Ilmu Biologi Kadoorie di universitas pada tahun 2000.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini