Akademi Jagoan by Bukalapak, Bangun UMKM Lewat E-Learning Platform Bersama Microsoft
Sebagai bagian dari rangkaian program “Belajar Digital Bareng Bukalapak | Microsoft”, Bukalapak dan Microsoft secara resmi meluncurkan Akademi Jagoan by Bukalapak, Senin (20/12), sebuah e-learning platform bagi para pelaku UMKM untuk meningkatkan literasi digital dan kemampuan pengelolaan bisnis.
Melalui platform ini, Bukalapak dan Microsoft menyediakan berbagai materi pembelajaran. Mulai dari kemampuan dasar terkait penggunaan komputer, membuat konten digital, hingga tips dan trik mengelola warung serta lapak online agar makin optimal. Diluncurkan dalam acara online, dikatakan bahwa semua materi ini dapat diakses secara gratis oleh lebih dari 17 juta Pelapak dan Mitra Bukalapak, serta semua pelaku usaha di seluruh Indonesia.
Baca Juga: Jelang Hari Belanja Online, OVO Kolaborasi dengan Bukalapak, JD.ID dan Ratusan Mitra
Menurut data dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, saat ini Indonesia memiliki lebih dari 64 juta UMKM yang menyerap kurang lebih 97% tenaga kerja serta berkontribusi lebih dari 60% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB).
Presiden Komisaris Bukalapak Bambang Brodjonegoro menyebutkan bahwa angka ini menunjukkan potensi yang sangat besar dari UMKM, oleh karena itu kolaborasi ini dimaksudkan sebagai upaya bergotong royong membantu memberdayakan UMKM di tanah air sehingga bisnis mereka dapat terus bertumbuh dan pada akhirnya dapat terus berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.
“Di sisi lain, saat ini masih banyak pelaku usaha yang memiliki literasi digital yang rendah. Dengan hadirnya platform Akademi Jagoan by Bukalapak, semoga makin banyak pelaku UMKM yang dapat meningkatkan kemampuan digital serta pengembangan bisnisnya," ujar Bambang.
Sementara itu, CEO Bukalapak, Rachmat Kaimuddin mengungkapkan bahwa saat ini, peran internet dan teknologi dalam kehidupan sehari-hari kian besar. Kemampuan digital dalam kehidupan sehari-hari akan sama pentingnya dengan kemampuan dasar seperti membaca, menulis, dan berhitung.
“Kami berharap suatu saat, angka literasi digital di Indonesia sama dengan angka literasi kemampuan dasar tersebut, yaitu mendekati 100%. Hari ini, kami bersama dengan Microsoft Indonesia memperkenalkan platform e-learning Akademi Jagoan by Bukalapak. Platform ini hadir untuk memberikan kesempatan pada semua pelaku usaha dan masyarakat luas untuk mempelajari keterampilan digital, dan untuk menaik kelaskan bisnisnya, sehingga dapat menikmati kehidupan yang lebih sejahtera," ujar Rachmat.
Melalui Akademi Jagoan by Bukalapak, Bukalapak dan Microsoft berharap dapat merangkul sebanyak mungkin pelaku usaha yang ingin meningkatkan kemampuan digital serta pengelolaan bisnis mereka.
Linda Dwiyanti, Chief Partnership Officer Microsoft Indonesia mengatakan, di era di mana semua serba terkoneksi secara digital dan inovasi teknologi terus bermunculan hampir setiap harinya, kebiasaan serta pola belanja konsumen pun semakin berubah. Menjadi penting bagi pemilik usaha untuk mengadopsi teknologi, agar dapat menyesuaikan diri dan terus bertumbuh sesuai kebutuhan pasar dan pelanggan.
“Melalui peluncuran Akademi Jagoan by Bukalapak, kami berharap dapat terus memainkan peranan aktif dalam meningkatkan literasi digital dan memberdayakan ekonomi digital Indonesia,” imbuhnya.
Adapun peluncuran ini baru merupakan langkah awal. Ke depannya dikatakan jika Bukalapak dan Microsoft akan terus mengembangkan platform Akademi Jagoan by Bukalapak agar dapat terus memenuhi kebutuhan para pelaku UMKM yang kian dinamis, termasuk melalui penambahan materi secara berkala dan penyelenggaraan workshop.
Dibuat menggunakan Microsoft Community Training sebuah platform belajar berbasis Azure, Akademi Jagoan by Bukalapak bisa diakses di akademijagoan.bukalapak.com.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Nuzulia Nur Rahma
Editor: Alfi Dinilhaq