Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Apa Itu Mobile-Friendly?

Apa Itu Mobile-Friendly? Pemegang kartu kredit CIMB Niaga sedang mengubah transaksi menjadi cicilan 0% melalui OCTO Mobile di Jakarta, Rabu (24/3/2021). Program mengubah transaksi menjadi cicilan 0% ini berlaku hingga 30 Juni 2021 untuk setiap transaksi mulai dari Rp500 ribu dengan jangka waktu 3 bulan. | Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kita hidup dalam masyarakat yang tidak bisa lepas dari smartphone. Titik puncak di mana penggunaan internet melalui smartphone terjadi lebih awal dari yang diprediksi oleh banyak ahli.

Ini bukan lagi pertanyaan apakah ponsel penting atau tidak. Sekarang, ini adalah tentang mencari tahu strategi mobile yang tepat dalam hal desain, pengalaman pengguna, dan yang terpenting, sikap Google di seluler dalam hal SEO (Search Engine Optimization).

Baca Juga: Apa Itu Phishing?

Mari kita lihat lebih dekat apa itu mobile-friendly.

Jadi, Apa Itu Mobile-Friendly?

Apa yang dimaksud dengan mobile-friendly? Istilah ini agaknya telah digunakan untuk mengatakan beberapa hal yang berbeda; tetapi, kita akan tetap berpegang pada apa yang secara konsisten dirujuk oleh Google sebagai mobile-friendly. Mobile-friendly adalah suatu ukuran yang mengukur seberapa mudah pengunjung menggunakan situs web di perangkat seluler mereka. Situs web itu bisa menjadi salah satu dari tiga konfigurasi yang berbeda.

Tiga jenis desain atau konfigurasi situs web mobile-friendly menurut Google adalah:

  • Desain web responsif (mobile-responsive);
  • Penyajian dinamis (mobile-adaptive)
  • URL terpisah (dioptimalkan untuk perangkat seluler).

Google juga mengatakan bahwa mereka merekomendasikan untuk menggunakan desain yang responsif.

Dengan demikian, Google memiliki alat seperti Mobile-Friendly Test yang menunjukkan kepada Anda apa yang perlu ditingkatkan di situs web Anda. Setelah Anda membuat perubahan yang telah disarankan, pengguna akan dapat memiliki pengalaman yang lebih baik saat mengakses situs Anda di perangkat seluler mereka. Adaptasi ini dapat, pada gilirannya, memengaruhi SEO Anda secara positif.

Jika sebuah situs tidak mobile-friendly, seperti apa tampilannya?

Pernahkah Anda mengeklik sebuah situs dan hampir tidak muat di layar? Apakah Anda harus scroll untuk melihat semua halaman? Mungkin teksnya terlalu kecil untuk dibaca?

Ya? Nah, seperti itulah tampilan situs non-mobile friendly. Sangat sulit untuk menavigasi situs web yang belum dioptimalkan untuk ponsel.

Manfaat Situs Web Mobile-Friendly

Menurut Google, sebanyak 94% pengguna ponsel cerdas selalu mencari informasi melalaui ponsel mereka, dan ketika kebanyakan orang sedang mencari sebuah bisnis, mereka siap untuk melakukan pembelian atau langsung menghubungi?

Sebanyak 57% pengguna tidak akan merekomendasikan bisnis jika situs mobile mereka tidak dirancang dengan baik. Selain itu, 57% dari semua trafik online didapat melalui ponsel cerdas dan tablet.

Terakhir, 3 dari setiap 4 pengguna smartphone akan mengambil perangkat mereka terlebih dahulu jika mereka ingin mencari sesuatu secara online.

Konklusi

Di zaman sekarang ini, situs web mobile-friendly bukanlah suatu pilihan karena itu adalah suatu keharusan yang dimiliki untuk setiap bisnis. Jika Anda ingin melihat peringkat mesin pencarian yang lebih tinggi, meningkatkan trafik situs, dan menghasilkan lebih banyak penjualan, Anda perlu memastikan bahwa situs web Anda telah dioptimalkan untuk seluler.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Patrick Trusto Jati Wibowo
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: