Begini Kisah Pertemuan Co-founder Kopi Kenangan James Prananto dan Edward Tirtanata
Co-founder Kopi Kenangan, James Prananto sebelum menjabat sebagai COO Kopi Kenangan, dahulu bekerja sebagai profesional di bidang finance dan marketing selama kurang lebih lima tahun. Setelah itu, James bertemu dengan Edward Tirtanata, CEO Kopi Kenangan yang merupakan teman SMA nya.
Saat itu, Edward hanya memiliki bisnis kedai teh Lewis & Caroll. Kemudian, James dan Edward pun terbentuk pemikirannya untuk membuat Kopi Kenangan karena melihat kopi di Indonesia rata-rata adalah brand luar.
Keduanya kemudian melihat missing gap antara kopi mahal dan kopi murah (instan). Oleh sebab itu, mereka mendirikan Kopi Kenangan sebagai kopi brand lokal yang ramah di kantong.
Baca Juga: Kopi Kenangan Jadi Unicorn, Edward Tirtanata Malah Jadi Parno: Perjalanan Belum Selesai
Namun, untuk mencapai tujuan itu, James dan Edward harus mengubah model bisnis. Tidak ada lagi sofa empuk dan internet yang kencang. Mereka fokus pada konsep 'grab and go' untuk orang-orang yang terbiasa take away kopi dalam perjalanan ke tempat kerja.
Meski Kopi Kenangan membuat harga kopi yang murah, namun mesin kopi yang digunakan hingga susu dan gula aren sangat berkualitas yang sudah pasti harganya juga tidak murah. Jadi, untuk kualitas tidak perlu diragukan lagi. Kopi Kenangan murah tapi bukan murahan.
Dengan demikian, Kopi Kenangan terbentuk karena James dan Edward menyadari adanya gap antara kopi murah vs kopi mahal, tetapi tidak ada kopi dengan harga di tengah-tengahnya.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami
Tag Terkait: