Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Keputusan Megawati yang Menolak Jabatan Presiden 3 Periode Diapresiasi

Keputusan Megawati yang Menolak Jabatan Presiden 3 Periode Diapresiasi Kredit Foto: Antara/Setpres Lukas
Warta Ekonomi, Jakarta -

Direktur Political and Public Policy Studies (P3S) Jerry Massie blak-blakan menilai Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri membuat langkah cerdas kali ini.

Pasalnya, belum lama ini, Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tersebut menyarankan bahwa dirinya tidak ingin masa jabatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) diperpanjang.

Hal tersebut dilontarkan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDIP Hasto Kristiyanto perihal penolakan Megawati untuk memperpanjang masa jabatan Jokowi.

"Saya nilai ini langkah yang cerdas dan bijak Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri," jelas Jerry Massie kepada GenPI.co saat dihubungi via WhatsApp, Jumat (14/1).

Menurut Jerry Massie, Megawati sudah paham bahwa memperpanjang masa jabatan presiden bukanlah hal yang baik untuk tanah air.

Oleh sebab itu, Jerry Massie menduga kesadaran itu sudah muncul agar Indonesia mendapatkan pemimpin baru yang lebih baik.

"Mega sadar bahwa 3 periode itu inkonstitusional, makanya beliau menolak mentah-mentah isu ini," jelas Jerry Massie.

Meski demikian, dirinya juga meyakini akan ada orang-orang yang ingin menggagalkan rencana Megawati tersebut demi kepentingannya sendiri.

"Memang ada pihak-pihak yang antikonstitusi. Mereka ingin mencoba merusak dan menggoreng isu ini. Sayangnya tidak berhasil dan jadi diskursus di tengah publik," tuturnya.

Seperti diketahui, sebelumnya Hasto Kristiyanto mengklaim Ketua Umum Megawati Sukarnoputri menolak perpanjangan masa jabatan presiden.

Hasto juga mengatakan bahwa Megawati akan patuh pada konstitusi. Oleh sebab itu, ketua umum PDIP tersebut tetap setuju dengan maksimal masa jabatan dua periode sebagaimana diatur dalam konstitusi.

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

Editor: Ferry Hidayat

Bagikan Artikel:

Video Pilihan