Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tak Henti Investasi, Orang Terkaya Asia Mukesh Ambani Beli Startup Robotika Hebat Ini!

Tak Henti Investasi, Orang Terkaya Asia Mukesh Ambani Beli Startup Robotika Hebat Ini! Kredit Foto: REUTERS/Francis Mascarenhas
Warta Ekonomi, Jakarta -

Miliarder Mukesh Ambani tak henti-hentinya berinvestasi. Baru-baru ini, pemilik Reliance Industries Ltd. membeli startup robotika India di tengah upaya meningkatkan otomatisasi di seluruh bisnisnya, mulai dari e-commerce hingga energi baru.

Reliance membayar USD132 juta (Rp1,8 triliun) untuk saham mayoritas di Addverb Technologies Pvt, yang menggunakan robot untuk membuat gudang e-commerce dan produksi energi lebih efisien. Pendiri startup itu adalah Sangeet Kumar yang juga CEO perusahaan.

Melansir Bloomberg di Jakarta, Selasa (18/1/22) Ambani yang merupakan orang terkaya di Asia telah berinvestasi dalam teknologi karena persaingan dari pesaing seperti Amazon.com Inc. yang meningkat di pasar e-commerce India.

Baca Juga: Energi Bersih Diganderungi Miliarder, Orang Terkaya Asia Mukesh Ambani Rela Rogoh Kocek Rp1.086 T!

Addverb sudah bekerja di lusinan gudang di seluruh kerajaan Reliance, termasuk toko bahan makanan online JioMart, pengecer mode Ajio dan apotek internet Netmeds, menyebarkan konveyor robot, sistem semi otomatis, dan perangkat lunak pilihan suara.

“Reliance memiliki rencana besar untuk menerapkan otomatisasi di seluruh gudang digital,” ujar Kumar yang berusia 41 tahun. “Mereka memiliki rencana untuk memperluas pergudangan ke ratusan lokasi dalam dua tahun ke depan dan ketika Anda memiliki skala itu, hanya sistem robotik yang bisa efektif.”

Addverb merupakan startup berusia lima tahun yang berbasis di pinggiran Noida di New Delhi. Perusahaan tersebut merancang dan membuat perangkat lunak serta menginstal sistem robot. Mereka menjadi salah satu dari sedikit perusahaan di dunia yang bekerja di setiap aspek robotika, mulai dari perangkat keras dan perangkat lunak hingga penerapan.

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Bagikan Artikel:

Video Pilihan