Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Persiapan Forum B20, Kadin Indonesia Siap Bawa UMKM Go Global

Persiapan Forum B20, Kadin Indonesia Siap Bawa UMKM Go Global Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Indonesia resmi menjadi tuan rumah Presidensi G20 Summit 2022. Sehubungan dengan hal itu, Indonesia juga akan menyelenggarakan Forum B20, di mana Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia ditunjuk menjadi pihak yang bertanggung jawab atas berlangsungnya forum tersebut.

Untuk diketahui, B20 merupakan forum dialog global yang terdiri dari para pebisnis yang berasal dari negara-negara yang tergabung dalam G20. 

Baca Juga: Presidensi G20 Indonesia Jangan Sampai Terpengaruh China Vs AUKUS

Bicara mengenai persiapan B20 yang akan dimulai pada 27-28 Januari 2022, Ketua Umum Kadin Arsjad Rasjid mengatakan jika pihaknya merasa bersyukur sekaligus bangga karena Indonesia akhirnya bisa menjadi tuan rumah Forum B20.

"Kadin alhamdulillah diberikan tanggung jawab menyelenggarakan B20. Jadi kebijakan ada di G20 tapi ada masukan dari B20," ujarnya saat ditemui Warta Ekonomi di kawasan Jakarta Pusat, Selasa (18/1/2022).

Arsjad melanjutkan bahwa nantinya forum ini akan fokus terhadap tiga hal penting yaitu digitalisasi, energy transition, dan global health.

“Fokus kita terhadap global health karena memang saat ini kita sedang menghadapi pandemi. Kalau untuk transisi energi dikarenakan Indonesia juga membuat komitmen untuk mencapai net zero emission di tahun 2060. Berbicara mengenai digitalisasi, kita mengetahui bahwa ekonomi digital sangat penting. Apalagi digitalisasi ini juga mempercepat tercapainya kesetaraan ekonomi,” jelasnya.

Tak main-main, memanfaatkan momen dengan baik, Kadin rupanya juga akan membawa salah satu isu negara berkembang seperti UMKM untuk Go Global.

"Isu negara berkembang itu kita bawa seperti UMKM. Jadi peran UMKM sebagai bahan yang sangat penting. Membawa investasi masuk, membuka lapangan kerja," kata dia.

Penulis: Laras Devi Rachmawati

Laporan: Muhamad Ihsan

Penulis: Laras Devi Rachmawati
Editor: Alfi Dinilhaq

Bagikan Artikel:

Video Pilihan